Sempat Berstatus PDP, Satu Orang Warga Takalar Positif Covid-19

LIPUTAN8.COM, Takalar – Salah satu warga di Kabupaten Takalar positif terjangkit virus Corona Covid-19. Hal tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Kabupaten Takalar, Dr. Rahmawati.

“Benar, salah satu warga Kabupaten Takalar positif terjangkit Virus Covid-19,”kata Dr. Rahmawati, Rabu (1/4/2020).

Dr. Rahmawati menjelaskan, pasien yang positif Covid-19 adalah NA, warga Kelurahan Salaka, Kecamatan Pattallassang. Pasien tersebut lanjut Rahmawati, sebelumnya di rujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara pada tanggal 25 Maret 2020 dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Ia menjelaskan, sambil menunggu hasil pemeriksaan SWAB dari Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, pasien tersebut dipulangkan ke rumahnya. Berselang beberapa hari, hasil SWAB tersebut diterima dan hasilnya dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19.

“NA adalah pasien PDP, sudah pernah dipulangkan ke rumahnya karena menunggu hasil SWAB. Dan sesuai hasil pemeriksaan PCR yang kita terima hari ini, hasilnya positif terjangkit virus Covid-19,” jelas Dr. Rahmawati.

Pasien NA lanjut Plt Kadis Kesehatan Takalar itu menjelaskan, sebenarnya pasien PDP yang terdaftar di Kabupaten Gowa dengan alamat Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Soreang Kelurahan Jipang, Kecamatan Bonto Nompo Selatan.

Namun pasien ini mempunyai dua orang istri yang berasal dari Kabupaten Takalar dan Kabupaten Gowa, “Istri yang di Takalar inilah yang membawa pasien ke RSUD Takalar kemudian dirujuk ke RS Bhayangkara Makassar,” sambung Dr. Rahmawati.

Kepada keluarga pasien, Pemkab Takalar melalui Dinas Kesehatan berharap agar bisa menerima protap dan prosedur tetap yang harus dijalankan kepasa seluruh orang yang pernah kontak langsung dengan NA.

“Saat ini Pemkab Takalar melalui Dinas Kesehatan sedang melakukan tracking kontak erat kepada seluruh keluarga pasien yang telah kontak langsung. Selain itu, kesehatannya juga akan dipantau oleh Tim Kesehatan dari PKM Pattallassang dan Tim PSC Kabupaten Takalar,” Dr. Rahmawati memungkasi.

 

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Rafa