Begini Peluang Paket Appi-Taufik

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Beredar isu Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) akan bergandeng dengan Dirut Perusda Sulsel, Taufik Fachruddin maju di Pilwalkot 2020 mendatang.

Menurut informasi yang beredar ke publik, paket ini konon sudah mendapatkan restu dari mertua Appi, pendiri Bosowa Corporation Aksa Mahmud, dan kakak ipar Taufik, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Lalu bagaimana peluang pasangan Appi-Taufik memenangkan pertarungan sekira paket benar-benar terwujud?

“Jika kedua tokoh tersebut bersatu, tentu akan membuat mesin politik Gubernur bergerak penuh. Apalagi Pilgub Gubernur Sulsel belum lama berlalu,” urai Direktur Eksekutif PT. Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris Amir, Senin (24/2/2020).

Dia menjelaskan, mesin politik Nurdin Abdullah di Kota Makassar pada Pilgub 2018 lalu masih sangat solid dan kuat sebab senantiasa dirawat.

“Bila dipadukan dengan mesin politik Appi yang sudah bergerak sejak 2018. Tentu gabungan kekuatan politik keduanya akan menjadi modal besar Appi – Taufik untuk bisa memenangkan pilwalkot jika betul mereka berpaket,” tandas Suwadi.

Terpisah, dikonfirmasi mengenai isu paket Appi-Taufik, juru bicara Appi, Muhammad Fadli Noor tidak membantah adanya komunikasi yang terbangun antara Aksa Mahmud dengan Nurdin Abdullah.

Malah, kata Fadli, Taufik masuk dalam radar calon wakil Appi yang sementara di survei oleh 2 lembaga riset nasional dan 1 lembaga riset lokal.

“Jadi ada beberapa nama calon wakil yang sedang kami survei. Pak Taufik Fachruddin adalah salah satu diantaranya. Selain itu ada nama Onasis (Taufiqqulhidayat Ande), Dr Alimuddin, Nasran Mone, Rahman Bando dan bahkan termasuk nama Deng Ical (Syamsu Rizal) juga kita survei sebagai calon 02 Pak Appi,” tutur Fadli.  (**)