Jalin Silaturahmi, Himal SMPPSMADAGA Lintas Angkatan Nonton Bareng

LIPUTAN8.COM, Makassar – Himpunan Alumni (Himal) SMPP SMADA – SMAGA Kabupaten Bone lintas angkatan nonton bareng film Ati Raja, di Studio 4 Cinemax Mall Phinisi Point (Pipo) jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Selasa (12/11/2019).

Muh Idrus, perwakilan alumni 96 mengatakan nonton bareng ini merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga silaturrahmi sesama alumni yang telah sibuk dengan tugas masing-masing.

“Kami tetap menjalin komunikasi meski telah bertugas di tempat tugas Masing Masing,” ungkap Uci, panggilan akrab Muh Idrus.

Selain Himal SMPP SMADA – SMAGA studio 4 di sesali dengan para penonton sampai kursi terdepan. Beberapa warga Tionghoa yang ada di Kota Makassar dan pemeran Film Ati Raja juga terali dalam studio. Penonton sangat antusias menonton film Ati Raja yang disutradarai Shaifuddin Bahrum ini berdurasi 84 menit ini.

IMG-20191112-WA0121

Film tersebut mengangkat cerita tentang kisah perjalanan hidup seorang pemuda keturunan Tionghoa, Ho Eng Dji. Ho Eng Dji ini dikisahkan mulai dari kehidupan ekonomi keluarganya yang serba kekurangan.

Termasuk kisahnya yang harus dipenjara karena melakukan pembunuhan secara tak sengaja saat membela bapaknya. Tidak sampai disitu, saat dirinya masih menjalani kurungan penjara, ia sempat dibesuk oleh tetangganya yang selama ini sangat akrab dengannya. Perempuan yang dianggapnya sebagai kakak bercerita tentang rumah tangganya yang kerap diperlakukan kasar oleh suaminya yang tak lain adalah sahabat Ho Eng Dji.

Disesi berikutnya, penonton terhipnoyis dan terharu ketika Ho Eng Dji dengan tanpa restu ibu kandung menikahi istri temannya yang telah beranak tiga karena ditelantarkan oleh suaminya.

Film ini juga menceritakan tentang berangkatnya Ho Eng Dji bersama grup musiknya ke Surabaya untuk melakukan rekaman lagu daerah. Selanjut diakhiri dengan pengungsian keluarga Ho Eng Dji pasca penyerangan Jepang ke Makassar.

Konsep atau atmosfer dalam film Ati Raja ini, menggambarkan suasana Makassar pada sekitar tahun 1930 sampai 1940. (***).

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Rafa