Tim Gabungan Luwu Berhasil Padamkan Karhutla di Bastura

LUWU, LIPUTAN8.COM — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di desa Taba kecamatan Bastem Utara kabupaten Luwu berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari TNI, Polri, Dinas Pemadam kebakaran Luwu, BPBD, dan Satpol PP, Kamis (24/10/2019).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Luwu, Ahmad Awwabin menjelaskan, kurang lebih dua jam tim gabungan bersama masyarakat berjuang memadamkan kobaran api.

“Kami tiba dilokasi Sekitar pukul 18.00 Wita bersama personil BPBD, dan Satpol PP tiba dilokasi dan langsung melakukan pemadaman. Alhamdulillah kurang lebih 2 jam api berhasil kita padamkan,” kata Ahmad Awwabin.

Sebelum tim gabungan tiba di lokasi, personil dari Koramil 1403-05 dan aparat kepolisian dari polsek Bastem bersama masyarakat memadamkan api dengan peralatan seadanya dan membuat lorong-lorong untuk memutuskan rembesan api agar tidak meluas

Selain itu, Keterlambatan tim gabungan tiba dilokasi karena kesulitan untuk menempuh medan yang berada diatas pegunungan.

Hingga berita ini diturunkan, Diperkirakan luas lahan yang terbakar sekitar 45 hektar. Personil dari Koramil 1403-05 Bastem dan personil polsek Bastem masih tetap siaga dilokasi untuk memantau perkembangan di desa Taba.

Karhutla terjadi pada hari Selasa (22/10/2019), yang berasal dari dusun Mungsia Desa Lembang Sanggalangi kecamatan Rantebua kabupaten Toraja Utara. Kobaran api kemudian meluas ke desa Taba kecamatan Bastem Utara karena berbatasan langsung dengan lokasi awal kebakaran. (**)