Hari Kedua Operasi Patuh 2019, Polres Pinrang Tilang 84 Kendaraan

LIPUTAN8.COM, Pinrang – Sebanyak 84 kendaraan bermotor ditilang pada hari kedua pelaksanaan Operasi Patuh 2019 di Polres Pinrang. Operasi tersebut dilaksanakan di jalan Briptu Suherman, Kota Pinrang, Jumat (30/8/2019).

“Untuk hari kedua ada 84 kendaraan yang kena tilang. Pelanggarannya ada yang tidak memiliki, membawa Sim dan beberapa kendaraan lainnya tidak dilengkapi surat-surat,” kata Kasat Lantas Polres Pinrang, Akp Relegia Faradikta saat dimintai konfirmasi, Jumat (30/8/2019) sesaat lalu.

Mantan Kasat Lantas Polres Gowa itu menambahkan, pada pelaksanaan hari pertama Operasi Patuh 2019, pihaknya memberikan tindakan tilang kepada sembilan kendaraan.

Dari banyaknya jumlah kendaraan yang terjaring tilang, Perwira lulusan Akademi Polisi (Akpol) 2007 itu meminta kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Pinrang agar melengkapi surat-surat kendaraannya sebelum berangkat kerja atau melakukan aktivitasnya agar tidak terjaring Operasi Patuh.

“Kepada masyarakat, lengkapi ki surat-surat kendaraanta, agar perjalannya lancar demi keselamatan dalam perjalanan,” pesan Akp Relegia Faradikta.

Untuk diketahui, Operasi Patuh 2019 digelar secara serentak di jajaran Polda se Indonesia mulai dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019.

IMG-20190830-WA0048

Operasi Patuh 2019 secara menyeluruh fokus pada delapan sasaran prioritas. 60 persen untuk penindakan, 20 persen untuk pencegahan dan 20 persen untuk upaya untuk penanggulangan dengan melakukan sosialisasi seperti pembagian stiker.

Adapun delapan sasaran tersebut adalah, pengendara yang tidak memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI), pengendara di bawah umur dan pengendara melawan arus serta melewati batas kecepatan.

Selain itu, untuk pengendara roda empat adalah yang tidak menggunakan Safety Belt, pengendara dalam pengaruh alkohol, menggunakan handphone saat berkendara dan pengendara yang menggunakan lampu strobo atau rotator.

“Delapan prioritas tersebut untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” Akp Relegia Faradikta memungkasi.

 

 
Penulis : Tejho
Editor    : Andi Afdal