Ketua DPRD Maros Sebut Pancasila Sebagai Sumber Inspirasi Politik

MAROS, UJUNGJARI.COM — Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Maros melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-74 Tahun 2019 di Lapangan Pallantikang Maros, Sabtu (1/6/2019).

Bupati Maros, HM Hatta Rahman bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang, pejabat TNI dan Polri, pejabat Forkopimda, serta pejabat struktural dan fungsional lingkup Pemkab Maros. Meski dalam suasana Ramadan, upacara berjalan lancar dan penuh khidmad.

Usai upacara, Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila sepantasnya dijadikan sebagai sumber inspirasi politik, harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan,” ujarnya.

Menurutnya, peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni, bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan ‘Piagam Jakarta’ oleh ‘Panitia kecil’ pada 22 Juni 1945 dan pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945.

Tiga peristiwa penting tersebut, yakni 1 Juni, 22 Juni dan 18 Agustus 1945 merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, diharapkan perdepatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi.

“Saat ini kita semua mesti mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus,” jelasnya. (fik)