Lagi, Satgas ‘Pattasaki’ Sisir Pantai Losari

LIPUTAN8.COM — Satuan tugas (Satgas) Kebersihan Pantai “Pattasaki” Kecamatan Ujung Pandang, Jumat hari ini kembali menyisir pantai Losari dan sekitarnya.

Dengan menggunakan perahu khusus dan peralatan lengkap, mereka turun membersihkan pantai dengan memungut semua sampah yang ada dipermukaan laut.

Rutinitas tersebut dimulai dari kawasan dermaga Kayu Bangkoa, kemudian menyisir pantai losari hingga ke pulau Lae-lae.

Rusdi (39) salah satu anggota satgas Pattasaki mengatakan, pembersihan kawasan pantai ini dilakukan setiap hari. Semua sampah laut seperti sampah plastik dan potongan kayu dan beberapa jenis sampah lainnya dibersihkan semua.

“Setiap hari kami mengangkut empat sampai enam karung sampah per hari. Sampah tersebut rata-rata botol plastik, potongan kayu,” kata Rusdi.

Menurutnya, sampah-sampah yang ada di pantai Losari ini merupakan sampah dari daerah kepulauan yang terbawa ombak. Selain itu, sampah nelayan dan warga sekitar dermaga Kayu Bangkoa.

“Pak Camat sudah mengimbau dan terus menyampaikan kepada warga Lae-lae, dan Kayu Bangkoa agar menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah ke laut. Ya lumayan, hari ini kami lihat pantai Losari cukup bersih, tidak terlalu banyakmi sampahnya,” tutur Rusdi. (Fik)