Resmi, Istri CEO Abu Tours Ditetapkan Sebagai Tersangka

LIPUTAN8.COM, Makassar – Setelah melalui rangkian penyelidikan, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sulsel, akhirnya menetapkan istri Chief Executive Officer (CEO) Biro Perjalanan Haji dan Umroh PT. Abu Tours, Nursyahria Mansur alias Ria.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani.

“Benar, sore ini dia (Istri Bos Abu Tours) ditetapkan sebagai tersangka, ” kata Dicky Sondani, Selasa (10/7/2018) sesaat lalu.

Selain menetapkan sebagai tersangka, istri dari bos besar PT. Abu Tours tersebut juga langsung di tahan di Mako Polda Sulsel.

Dijelaskan, Ria, sapaan akrab istri Hamzah Mamba diduga kuat terlibat dalam tindak pidana berupa penggelapan dan pencucian uang yaitu menerima dan menyimpan uang dari pada jamaah dan dibelanjakan bersama suami.

“Tersangka ikut terlibat dalam tindak pidana penipuan dan penggelapan serta pencucian uang. Tersangka dijerat dengan Pasal Pencucian Uang, ” jelas Dicky Sondani.

Sementara untuk penyitaan aset, Dicky mengungkapkan jika penyidik menemukan bukti baru maka akan tentunya akan dilakukan penyitaan, namun sejauh ini belum ditemukan bukti baru.

“Jika ditemukan bukti baru, tentukan kita akan lakukan penyitaan aset, namun sejauh ini belum ada, tapi penyidik masih terus bekerja,” jelasnya.

Untuk diketahui, sejauh penanganan kasus biro perjalanan Haji dan Umrah, PT Abu Tours, penyidik telah menetapkan empat orang tersangka. Masing-masing Direktur Utama PT Abu Tours, Abu Hamzah Mamba, mantan Manager Keuangan Abu Tours dengan inisial MKS (40) warga Jalan Dg Tata Raya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar dan Komisaris PT Abu Tours bernama Khairuddin alias Heruddin M Latang serta istri dari Hamzah Mamba, Nursyahria Mansur alias Ria.

Sementara untuk aset yang telah dilakukan oleh penyidik berupa rumah, benda bergerak dan tidak bergerak diperkirakan bernilai 200 milyar. (Bur)