Plt Camat Tamalanrea Buka Sosialiasi PKPM 2018

LIPUTAN8.COM — Puluhan tokoh masyarakat dari 8 kelurahan, kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar mengikuti sosialisasi Peningkatan Kemampuan Kader Pemberdayaan Masyarakat (PKPM) di Aula Kantor Kecamatan Tamalanrea, Selasa (10/7/2018).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Plt Camat Tamalanrea Muhammad Rheza,S.STP MSi. Hadir sebagai pemateri Lurah Tamalanrea Aminuddin Thalib dan pemerhati lingkungan, Ir Hasanuddin AT.

Kegiatan ini dipandu (Moderator), Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kecamatan Tamalanrea, Hj Andi Megawati.

Dalam sambutannya, Plt Camat Tamalanrea Muhammad Rheza mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk menciptakan komunikasi serta dialog dengan masyarakat untuk meningkatkan pengertian masyarakat dan pihak terkait tentang program.

Proses sosialisasi sangat menentukan ketertarikan masyarakat untuk berperan dan terlibat di dalam program.

Hal-hal yang perlu disosialisasikan misalnya; penjelasan tujuan, manfaat, sasaran pembardayaan, prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakar (termasuk prinsip non-fisik), penjelasan kelompok sasaran (pria, wanita, pemuda dan lain-lain), Umpan balik masyarakat terhadap semua aspek di atas.

Proses Pemberdayaan Masyarakat merupakan suatu proses pembelajaran terus-menerus bagi masyarakat dengan tujuan kemandirian masyarakat dalam upaya-upaya peningkatan taraf hidupnya. Yang perlu diperhatikan adalah masyarakat dari awal proses sadar bahwa hal ini akan terjadi. (fik)