Disebut Amatiran,Hari Ke Delapan Pelaku Teror Bom Bontoala Belum Tertangkap

LIPUTAN8.COM, Makassar – Pasca ledakan bom pipa yang terjadi di Mako Polsek Bontoala jalan Sunu, Kecamatan Bontoala Makassar,telah memasuki hari ke delapan ,hingga saat ini pihak kepolisian belum berhasil mengamankan pelaku.

Ledakan yang terjadi di malam pergantian tahun baru, Senin (1/1/2018) dini hari, menjadi perhatian nasional, pasalnya teror bom yang alamatkan ke kantor polisi ini, terjadi saat kepolisian tengah melakukan pengamanan malam pergantian tahun,yang diketahui Polda Sulsel menurunkan 1.200 personel dan dibantu oleh TNI dan instansi lain sebanyak 6000 personel.

IMG_20180101_064200

Keseriusan petugas untuk menangkap pelaku teror bom tersebut menjadi pertanyaan‎. Pasalnya meski pelaku telah teridentifikasi hingga saat ini pelaku belum juga diringkus.

“Ini memang jadi pertanyaan publik, meski juga disadari bahwa mencari terduga teroris yang mempersiapkan dengan baik aksinya bukan persoalan gampang. Namun, publik bisa bertanya kenapa begitu lama ditemukan pelakunya,” kata Pengamat Kepolisian dan pakar hukum universitas Bosowa, Prof Marwan Mas Senin, (8/1/2018) malam.

Marwan juga menyebut, menjadi pertanyaan besar penyebab pelaku belum ditangkap. Pasalnya pihak Polda sendiri menyebut jika pelaku teror merupakan pelaku yang masih amatiran.

“Pernah disebut kalau pelakunya diduga amatiran atau tidak terkait dengan teroris. Kebiasaan teroris saat meledakkan bom dengan bom bunuh diri, bukan melemparkan bom yang berdaya ledah rendah kemudian melarikan diri,” tambahnya.

Marwan menyebut pertanyaan pengungkapan teror tersebut perlu dijawab dengan menangkap pelakunya sekaligus mengungkap motifnya. Kalau memang suda ada yang diduga pelaku ditangkap, sebaiknya disampaikan ke publik.

“Tidak perlu diungkap identitasnya kalau itu dikhawatirkan mengganggu penyelidikan, yang penting diinfokan ke publik kalau pelakunya telah diamankan,” tambahnya.

Sebelumnya, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono merinci, pelaku bom yang melakukan aksinya di Mapolsek Bontoala masih berusia muda dan mengenakan baju warna abu-abu yang diperkirakan satu atau dua orang.

“Pelakunya sementara di perkirakan satu atau dua orang, saat ini anggota masih melakukan penyidikan, ” kata Umar Septono, Senin (1/1/2018) pekan lalu.

Senada,Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani menyebut pelaku teror bom Bontoala masih amatiran. Disebut Amatiran lantaran pelaku melemparkan bom dan melarikan diri. Pelaku disebut tidak ada khas pelaku teror bom. Pihaknya juga menyebut pelaku telah teridentifikasi.

“Pelaku pelemparan bom kemarin itu sudah kita identifikasi. Kasus ini kriminal murni, pelakunya amatiran karena modusnya sangat berbeda dengan pelaku teror yang kita ketahui sangat militan‎,” kata Dicky, Selasa (2/1/2018) lalu.

Terkait teror bom tersebut disebutkan pula bahwa‎ telah dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. Dari hasil keterangan saksi, gambar kamera CCTV ciri-ciri pelaku disimpulkan, usia masih muda, postur tubuh tidak begitu tinggi,mengenakan baju abu-abu dan gerakannya gesit.

“Gambaran wajah yang diduga pelaku utama sudah ada di penyidik.Tapi saya kira belum ditangkap karena polisi terbuka dalam mengungkap kasus terorisme dan kasus-kasus lainnya,” urai Dicky Sondani.  (Bur)