Camat Panakkukang Motivasi Warga Lorong, Budayakan Gotong Royong

LIPUTAN8.COM — Camat Panakkukang Muh Thahir Rasyid kembali turun menyapa warga sekaligus memantau lorong dibeberapa wilayah kerjanya, Kamis (20/4/2017).

Thahir Dg Ngalli sapaan akrabnya turun memantau lorong didiampingi Lurah, Binmas dan Babinsa untuk mendorong paritispasi warga dalam menjaga dan meningkatan kebersihan kingkungan.

Camat juga berharap agar masyarakat tetap kompak dan mempertahankan budaya gotong royong yang sudah berjalan selama ini.

“Mari kita budayakan kembali gotong royong, karena budaya tersebut menyimpan makna dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Thahir kepada warga lorong 5 Jl Abd Dg Sirua.

Menurutnya, gotong-royong merupakan sesuatu yang dapat membuat semua menjadi lebih besar dan bermakna.

“Budaya gotong royong ini perlu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan kita masing-masing,” tambahnya.

Dihadapan Lurah, Ketua RT dan RW, Camat Thahir mengatakan bahwa semangat gotong-royong hampir terlupakan disebabkan dewasa ini banyak orang lebih mengedepankan sifat induvidualistis.

Padahal gotong-royong merupakan cara efektif dan efisien dalam menuntaskan beragam masalah

Ia menambahkan, dengan bergotong-royong membersihkan lingkungan masing-masing, misalnya, justru akan menjadi lebih baik hasilnya dibandingkan jika berharap dari pemerintah.

“Tidak mungkin Camat, Lurah, RT dan RW melaksanakan pembangunan secara cepat dan maksimal jika tidak dibarengi dengan budaya gotong-royong oleh masyarakat,” ucapnya.

Thahir juga mengakui, keberadaan LPM dan Ketua RT/RW selama ini banyak berkontribusi dalam hal mendukung program pembangunan yang diemban pemerintah.

Karena itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para LPM dan Ketua RT/RW karena turut memberi andil dalam menyukseskan berbagai program Pemkot Makassar. (*)