Inilah Hasil Laga Persiba Balikpapan Vs PSM Makassar

LIPUTAN8.COM – PSM Makassar mengalahkan Persiba Balikpapan di laga ketiga Grup C Piala Presiden 2017, Jumat (17/2/2017). PSM Makassar menang dengan skor 3-1.

Pasukan Ramang langsung unggul telak lewat tiga gol yang dicetak di paruh waktu pertama. Sejak kickoff babak pertama, PSM Makassar yang diperkuat dengan mayoritas pemain utama, langsung menguasai pertandingan.

Baru lima menit, Titus Bonai sudah meneror gawang Persiba. Lolos dari jebakan offside, Tibo tinggal berhadapan dengan kiper Persiba.

Tapi sepakan menyusur tanahnya masih bisa diantisipasi kiper. Tak sampai beberapa detik, giliran Rasyid yang mengancam lewat tandangan volly. Bola lagi-lagi ditepis kiper dan menghasilkan tendangan penjuru.

Lewat skema ini, gol pertama PSM Makassar tercipta. Kemelut di depan gawang Persiba berujung dengan tandukan Hamka Hamzah di menit ke-6.

Belum sempat hilang kekecewaan Persiba dibobol gol cepat, serbuan PSM lewat Pluim kemudian diakhiri sodoran bola kepada Gozali Siregar. Tanpa kontrol, Gozali menyepak bola dengan keras menghujam sudut kiri gawang Persiba. Gol kedua di menit ke-8 itu membuat PSM unggul 2-0.

Persiba benar-benar menghadapi lawan susah. Menit 20, umpan lambung Gozali, dimanfaatkan dengan cantik oleh Pluim. Hanya sekali kontrol dan membalikkan badan, Pluim langsung mengeksekusi bola dan kembali merobek jala gawang Persiba.

Persiba sendiri tercatat hanya punya satu peluang bersih di babak pertama. Yakni pada menit 34 lewat Heri Susanto. Tapi meski sudah tinggal berhadapan dengan kiper Rivky Mokodompit, tapi sepakannya masih menyangkut di kaki penjaga gawang itu. Skor 3-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai. Persiba yang sadar harus mengejar kemenangan, memilih untuk bermain tenang. Permainan Tim Beruang Madu mulai membaik. Satu kesempatan didapatkan di menit 48. Umpan lambung Heri Susanto di ke depan gawang, disterilkan Steven Paulle. Padahal, gawang Rivky Mokodompit sudah kosong.

PSM Makassar sendiri melakukan beberapa perubahan. Raphael Maitimo dan Rezky Pellu masuk menggantikan Rasyid Bakrie dan Asnawi Mangku Alam. Tanpa Rasyid dan Asnawi, lini tengah PSM menjadi kurang ketat. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Persiba. Sebuah umpan panjang membelah lini tengah dan dikuasai dengan baik oleh Marlo da Silva.

Secepat kilat, Marlon sudah ada di kotak penalti. Sekali gocek, bola pindah ke kaki kanannya dan menghajar bola. Gol! Menit 57 Persiba mencetak gol pertamanya di laga ini. Skor 3-1. Persiba benar-benar tampil beda di babak kedua. Berkali-kali peluang emas didapatkan. Ini karena tekanan PSM Makassar tak lagi seperti babak pertama.

Apalagi kreator PSM di lini tengah, Wiljam Pluim, kali ini lebih ditempel ketat. Meski demikian, Persiba tak mampu memanfaatkan keuntungan ini. Skor 3-1 tetap bertahan hingga pertandingan usai. (liputan8/rk)