BPBD Sulsel: Waspada Cuaca Buruk di Bulan April

LIPUTAN8.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel mengungkapkan wilayah pantai timur Sulsel patut diwaspadai, karena diprediksi rawan terjadi bencana akibat cuaca buruk.

“Dari hasil analisa kami, bulan April pantai timur yang kerentanannya tinggi. Langkah kami, Gubernur sudah keluarkan edaran seluruh Bupati/Walikota waspada wilayah mereka, dilereng bukit kalau ada tanda-tanda segera laporkan,” ungkap Kepala BPBD Sulsel Syamsibar, Minggu (12/2/2017).

Menurutnya, ada 4 bencana yang rawan terjadi bencana di Sulawesi Selatan diantaranya banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan abrasi.

“Gowa, Takalar, Parepare, Maros angin kencang, banjir Makassar, Pangkep angin kencang, Wajo tanah longsor, Jeneponto angin puting beliung. Jadi protapnya kabupaten kota dan wajib melaporkan melalui bupati walikota ke gubernur, lalu diteruskan kepusat,” imbuhnya.

Syamsibar mengaku, jika Pemprov Sulsel telah siap untuk menanggulangi setiap bencana yang terjadi khususnya dalam distribusi alat.

Meski begitu, pihaknya akan segera melakukan berbagai langkah guna pencegahan dan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat.

“Semua harus diwaspadai, tidak boleh ada yang dianggap tidak rawan. 24 kabupaten ini semua punya potensi. Cuma masing-masing punya tingkat kerentanan,” tambahnya.

“Tahun ini juga kita sosialisasi dengan sejumlah komunitas-komunitas, bagaimana daerah mereka perlu diwaspadai,” tutupnya. (*)