BPBD Makassar Imbau Seluruh Kecamatan Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

LIPUTAN8.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang disertai angin kencang melanda wilayah Kota Makassar.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD, dr Muhammad Rusly mengatakan informasi cuaca dari BMKG Wilayah IV Makassar, diperkirakan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang berlangsung siang, sore hingga malam hari akan terjadi di wilayah Makassar dan sekitarnya.

“BMKG memprediksi terjadi peningkatan intensitas curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Makassar dan sekitarnya beberapa hari kedepan” katanya.

Hujan deras diprediksi berlangsung hingga Februari mendatang dengan intensitas sedang hingga lebat. Peningkatan curah hujan dipicu masuknya puncak musim hujan.

Lanjut dia, peningkatan intensitas hujan yang disertai angin kencang mengakibatkan sebagian daerah di wilayah kota Makassar tergenang air.

bpbd 4

“BPBD sudah mengimbau kesetiap Kecamatan untuk mewaspadai dan memantau potensi terjadinya bencana banjir ataupun bencana lainya,” kata Kalaksa BPBD, dr Muhammad Rusly saat mengunjungi Perkampungan Romang Tangayya, Rabu (01/02/2017).

Sementara itu menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Maharuddin mengatakan pantauan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD hingga tadi malam, beberapa wilayah di Makassar tergenang air.

“Daerah yang sementara dipantau dan diwaspadai saat ini, yaitu Perumahan Perumnas Antang Blok 8 dan 10 dan juga Perkampungan Romang di Kecamatan Manggala” ungkap Maharuddin saat mendampingi Kalaksa BPBD mendistribusikan bantuan logistik di Perkampungan Romang Tangayya.

Wilayah Kecamatan Manggala khususnya di Perkampungan Romang Tangayya, genangan air sudah mencapai 50-100 centimeter atau di atas lutut orang dewasa.

Lanjut dia, daerah yang juga patut diwaspadai dan merupakan daerah langganan banjir seperti kompleks Swadaya, komplek Kodam III, Perumahan BTP Blok AE dan AF dan di belakang Kompleks IDI.

Tim BPBD Makassar menyatakan sudah menyiapkan Tim Reaksi Cepat dan Posko Siaga PB untuk mengantisipasi curah hujan dengan intensitas tinggi di Makassar. (asy)