CATATAN LIPUTAN8: Tahun Baru Imlek 2568 di Makassar Meriah, Tahunnya Ayam Api…!

LIPUTAN8.COM – Cap Go Meh melambangkan hari ke 15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Berasal dari bahasa Hokkian yaitu yaitu Cap – Sepuluh; Go-Lima; dan Meh – Malam. Jadi perayaan tahun baru Imlek sebenarnya berlangsung selama 15 hari di mana Cap Go Meh yang merupakan bulan purnama pertama di tahun yang baru juga sekaligus sebagai puncak dari perayaan Tahun Baru Imlek.

Perayaan Cap Go Meh di Makassar diadakan rutin hampir setiap tahunnya. Mengapa hampir? Karena di perayaan Imlek tahun 2016 yang lalu, perayaan Cap Go Meh ditiadakan meskipun event Jappa Jokka tetap diadakan di jalan Sulawesi.

Nah, di tahun 2017 ini berbagai event besar diadakan oleh warga etnis Tionghoa di Makassar untuk meramaikan perayaan tahun baru Imlek 2568.

Pantauan Liputan8.com, Jumat (27/1/2017), Sepanjang jalan Sulawesi atau Sangir akan ditutup mulai jam 10 pagi, ada tenda dipasang di sepanjang jalan yang berjualan makanan, minuman, aksesoris dan permainan adu ketangkasan, ada panggung besar dan kecil, serta beragam atraksi dan hiburan budaya untuk menghibur para pengunjung misalnya barongsai dan tari-tarian.

Lampion merah bergantungan dan lampu warna merah memancarkan cahaya dari Kelenteng, memang perayaan ini selalu identik dengan warna merah.

Atraksi Barongsai di Kelenteng Xian Ma menyajikan perpaduan energik dari suara tabuhan dan gerakan para penari barongsai. Kami-kami yang memang datang untuk hunting foto tentu saja tidak melewatkan momen menarik ini.

enurut perhitungan astrologi Tiongkok, Imlek di tahun 2017 akan menandai dimulainya tahun ayam dengan elemen api, kombinasi langka yang terakhir hadir tahun 1957, yang menjadi pertanda baik bagi para pekerja keras.

Direktur Pusat Budaya Tiongkok di Sydney, seperti dilansir tim HargaTop via Sydney Morning Herald (26/1/2017).

“Api secara alami merupakan elemen yang terkait dengan kecerdasan, kehangatan, semangat, dan percikan. Jadi ayam yang cerdas dan antusias, kombinasi dengan karakteristik menonjol dari api, sebuah tahun yang giat dan berbuah, tahun dari hasil, prestasi. Di tahun ini kami dapat mewujudkan semua impian kita,” jelasnya. (liputan8)