Jelang Idul Adha, DKP3 Makassar Bentuk Tim Periksa Hewan Kurban

Kepala DKP3 Makassar Abd Rahman Bando

LIPUTAN8.COM – Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan, dan Pertanian (DKP3) Kota Makassar tengah membentuk tim pemeriksa hewan kurban menjelang Idul Adha 1437 H yang jatuh pada 4 September mendatang.

Kepala DKP3 Makassar Abd Rahman Bando mengatakan untuk pemeriksaan hewan kurban, nantinya menurunkan 27 orang yang terdiri dari petugas Laboratorium, dokter hewan, dan paramedis hewan.

“Kita juga meminta bantuan ke Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin Makassar untuk membantu tim kami. Karena kami tidak bisa meng-cover 143 kelurahan. Kita butuhkan 200 orang,” ujar Rahman Bando, Jumat (29/7/2016).

Ia menjelaskan DKP3 Makassar meminta bantuan dari Unhas, dikarenakan sampai saat ini Lab Mobile yang diharapkan belum terealisasi.

“Kemungkinan Lab Mobile belum bisa dipakai untuk Idul Adha tahun ini. Karena sampai saat ini prosesnya masih belum selesai,” sebutnya.

Ia mengungkapkan setidaknya ada 2 unit Lab Mobile yang diharapkan bisa digunakan untuk Idul Adha nanti. 2 jenis lab yakni, lab kesehatan masyarakat feteriner (kesmafet) dan lab kesehatan hewan(keswan).

“Sekarang ini kita bicara tentang kesehatan hewan, untuk pengawasan harus ada labnya karena kita tentu keterbatasan anggaran. Meskipun pengadaannya melalui bagian perlengapan,” papar Abd Rahman Bando. (acax/liputan8/ps)