Pasca Rakorsus, SKPD Pemkot Makassar Percepat Realisasi APBD 2016

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto

LIPUTAN8.COM – Seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Makassar akan menggenjot realisasi dan penyerapan APBD tahun anggaran 2016. Hal itu juga menyusul pasca dilakukan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus), Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Disamping itu, pengawasan akan semakin ketat dan terperinci didalam penggunaan anggaran setelah pemerintah kota menerima piagam penghargaan WTP dari BPK RI. Walikota Makassar Danny Pomanto juga sudah menghimbau SKPD penyerapan anggaran tahun ini direalisasikan sesuai target belanja anggaran.

Hal itu juga dikatakan Sekretaris Daerah Kota Makassar Ibrahim Saleh yang meminta kepada pimpinan SKPD untuk memasukkan rancana kerjanya ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) agar segera diasistensi dan akan diberikan kesempatan selama empat hari. Sehingga pada penyususnan APBD perubahan tahun 2016 dan APBD pokok tahun 2017 akan sesuai dengan RPMJ masing masing SKPD.

“Tahun ini baru 42,4 % anggaran yang sudah terealisasi pada triwulan ke ll. Idealnya seharusnya sudah 50% yang sudah berjalan, untuk itu secepatnya digenjot tiap SKPD sehingga pada bulan September sudah rampung,” ujarnya

Menurut mantan Kepala Bappeda Makassar ini, dalam mencapai sasaran tersebut dibutuhkan keseriusan dan kerjasama dari seluruh SKPD yang bersangkutan.

“Kuncinya ada pada seluruh staff dan pimpinan SKPD masing masing dalam mencapai tujuan tersebut, tentunya dengan memperhatikan aturan yang berlaku sehingga, menjadikan Makassar sebagai kota dunia yang nyaman untuk semua, demi terwujudnya kota Makassar dua kali tambah baik,” terangnya. (acax/liputan8)