8 Caketum Golkar akan Bertarung di Panggung Debat

LIPUTAN8.COM – 8 Calon Ketua Umum Golkar mulai mengikuti tahapan sosialisasi dan kampanye. Selain penyampaian visi misi terhadap pengurus DPD I dan DPD II, para caketum juga ditantang berdebat.

Sekretaris Panitia Pengarah (Steering Committee) Munaslub Golkar Agun Gunanjar mengatakan ada tiga zona sosialisasi dan kampanye. Dari tiga zona itu, nanti saat sosialisasi serta kampanye zona II di Surabaya akan disertakan acara debat.

“Tanggal 11 Mei ada debat di Surabaya karena ini zona untuk Jawa dan Kalimantan,” kata Agun seperti dilansir dari detikcom, Senin (9/5/2016).

Agun menjelaskan tahapan sosialisasi dan kampanye ini merupakan terobosan baru di Golkar. Para caketum dipertemukan dengan pemilik suara dari DPD I dan DPD II.

Cara ini diklaim bisa menekan strategi money politic karena ada pengawasan dari panitia. Biaya transport DPD I dan II untuk ikut tahapan ini juga ditanggung panitia penyelenggara munaslub. Tanggungan biaya ini untuk menghindari pertemuan para voters dengan caketum yang bisa berujung permainan uang.

“Ini terobosan yang disepakati pleno DPP bagaimana caketum dipertemukan dengan pengurus DPD I dan DPD II. Jadi, nggak bisa bebas kalau ada pertemuan. Forumnya diatur panitia,” sebutnya.

Dalam penyampaian visi misi, para caketum ‘menjual’ programnya kepada para pengurus DPD I dan DPD II. Forum ‘jualan’ visi misi ini juga diatur panitia dengan menyesuaikan nomor urut para caketum.

Untuk debat, ada tiga topik yang bisa disuguhkan para caketum yaitu fungsi parpol dalam bangsa dan negara, implementasi visi negara kesejahteraan 2045, lalu langkah strategis pemenangan partai dalam momentum pileg, pilkada, dan pilpres.

“Tiga itu yang disajikan caketum dalam debat. Dalam debat juga ada panelis dari pihak netral, akademisi. Debat ini disiarkan secara live. Publik, para voters bisa menilai caketumnya,” tuturnya.

Dengan terobosan ini, diharapkan ada sebuah mekanisme yang menjadi acuan untuk kebaikan partai. Diyakini Agun yang mewakili Stering Commitee, tahapan sosialisasi dan kampanye di tiga zona ini ke depannya bisa permanen.

“Tak ada di AD/ART, tatib tapi ini terobosan yang disepakati. Saya yakin kalau diteruskan ini bagus untuk Golkar,” katannya.

Seperti diketahui, setelah ada perubahan tahapan sosialisasi dan kampanye dipersingkat menjadi tiga zona yang sebelumnya lima zona. Perubahan ini untuk menyesuaikan agenda Munaslub yang dipercepat menjadi 15 Mei sampai 17 Mei 2016.

Untuk tahap pertama yaitu zona I wilayah Sumatera digelar di Medan pada 8 dan 9 Mei. Selama dua hari, para caketum bertemu dengan para votersnya. Kemudian, zona mencakup Jawa dan Kalimantan dengan lokasi acara dipusatkan di Surabaya pada 10 dan 11 Mei. Di hari kedua pada Rabu (11/5), akan disertai debat para caketum.

Lalu, zona III mencakup Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTB, NTT, dan Bali akan dipusatkan di Nusadua, Bali pada 12 Mei. Selanjutnya, acara debat berlanjut pada Jumat (13/5). (dtc/fma/liputan8)