Ini Daftar Instansi di Sulsel Kehilangan DAK Rp42,5 Miliar Dipangkas Pemerintah Pusat

Logo Pemprov Sulawesi Selatan

LIPUTAN8.COM – Pemerintah pusat memangkas Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan infrastruktur sebesar 10 persen di seluruh pemerintah daerah. Khusus di lingkup Pemprov Sulsel, anggaran DAK yang dipangkas sebesar Rp42,5 miliar dari total Rp425 miliar tahun anggaran 2016.

Sejumlah SKPD, khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan umum kena getahnya. Diantaranya Dinas Bina Marga, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan, dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kepala Dinas PSDA Sulsel Andi Dharmawan Bintang khusus lingkup SKPD-nya, DAK yang dikucurkan pusat tahun ini sebesar Rp124 miliar. Jika terjadi pemangkasan 10 persen, artinya DAK PSDA terpotong sebesar Rp12,4 miliar.

“Kalau pemberi dana mengatakan harus dikurangi untuk kebutuhan yang lebih besar, tentunya kita harus ikut,” kata Dharmawan. Saat ini, kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol itu, pihaknya masih mengidentifikasi program mana masuk skala prioritas dan mana daftar yang akan diefisiensikan.

“Kami diberi batas waktu hari ini.Tentu kepentingan yang jalan disini kita utamakan, dengan melihat yang mana skala prioritas,” jelas Andi Dharmawan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (25/4/2016). Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga, Amin Yakub menjelaskan, khusus di Bina Marga, tahun ini mendapat DAK sebesar Rp200 miliar lebih. Artinya anggaran yang dipotong berkisar Rp20 miliar.

Senada dengan Kadis PSDA, Amin Yakub mengatakan pihaknya akan menggunakan skala prioritas terhadap program-program yang akan diefisiensikan. Namun dia memberi gambaran, untuk pelebaran atau rehabilitasi jalan, bagi yang masih bisa dilalui karena kerusakannya tidak terlalu parah, akan menjadi pertimbangan untuk dipangkas anggarannya. (acax/rhm/liputan8)