Pemkot Makassar Wacanakan Buat Lapangan Sepak Bola di Kecamatan

Logo Kota Makassar

LIPUTAN8.COM – Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemkot Makassar, Hendra Hakamuddin mengatakan pihaknya mewacanakan membuat lapangan sepak bola di salah satu kecamatan di Makassar. Hal ini menyesul program Kemenpora RI, yakni pengadaan 1.000 lapangan sepak bola Indonesia. Menurut Hendra, program Kemenpora tersebut akan menjadi peluang Kadispora dalam mewujudkan lapangan sepak bola standar internasional.

“Minggu lalu, saya sempat dihubungi oleh orangnya Kemenpora pusat terkait dengan kebijakan tersebut. Dan tentunya pemerintah kota tidak akan melepaskan peluang ini,” ujar Hendra, Rabu (13/4/2016).

Selain itu, Dispora Makassar juga merencanakan program satu kecamatan satu lapangan sepak bola yang memiliki standar yang baik. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan guna mecari lahan yang pantas dijadikan lapangan.

“Ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah kota, agar pemuda pemudi kita bisa memanfaatkan lapangan ini untuk berolah raga, sehingga sembuanya bisa positif dan berprestasi kedepannya dengan adanya fasilitas lapangan,” jelasnya.

Untuk membuat lapangan sepak bola dengan standar yang baik, Hendra mengaku membutuhkan anggaran Rp600 jta hingga Rp1 miliar. Meski demikian, beberapa lahan yang ia survei terkendela dengan lahan yang bermasalah.

“Kendalanya sekarang, biasa ada lahan tetapi bermasalah lagi dan tidak punya sertifikat, itu tidak bisa langsung dibikin lapangan kalau tidak legal. Contohnya aset pemkot eks Terminal Todopuli yang hingga kini masih sengketa,” pungkasnya.