OPINI: Jangan Menolak Kebahagiaan….

Ilustrasi kebahagiaan

LIPUTAN8.COM – Sejumlah kita lahir, sebenarnya Tuhan sudah banyak menyiapkan fasilitas agar kita bisa selalu hidup bahagia, namun terkadang kita lebih banyak tidak menyadari dan tidak mau meraih kebahagiaan tersebut, karena kita
menganggap bahwa kebahagiaan itu ada di luar sana, tempatnya jauh dari diri kita, dan kita sulit untuk meraihnya.

Padahal kebahagian-kebahagian tersebut, telah tersebar di sekeliling kita, dengan mudah, murah, dan cepat kita bisa meraihnya.

Sulitnya kita merasakan kebahagiaan, karena kita selalu mencari kebahagian yang ada pada diri orang lain, makanya kita selalu menderita dan mengeluh daripada merasakan kebahagian yang ada pada diri kita. Perilaku kita inilah yang dikatakan menolak kebahagiaan.

Banyaknya bentuk kebahagiaan yang murah, mudah, dan cepat kita dapat rasakan di sekitar kita setiap waktu, asalkan kita mau memulai dengan memberikan kebahagian kepada orang lain, yang tentu sangat mudah,
murah, dan cepat kita bisa lakukan, namun sangat berharga bagi orang lain.

Orang yang kita berikan kebahagiaan, akan memancarkan energi kebahagian (positif) yang lebih besar ke diri kita, di bandingkan kebahagiaan yang ia telah rasakan sendiri, sebagaimana sumber cahaya akan memberikan dampak terang lebih luas di bandingkan sumber cahaya itu sendiri.

Energi kebahagiaan yang berlimpah, yang telah kita dapatkan dari sumber cahaya yang kita buat dengan membahagiakan orang lain, kadang membuat kita “tidak sadarkan diri”, karena kebahagiaan yang tak mampu
kita ukur nilainya, kadang membuat kita sumringah (senyum sendiri), kadang membuat air mata kita keluar tanpa sebab, dan kadang membuat kita tak mampu menggambarkannya dengan kata-kata apa yang telah/sementara kita alami.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat membuat sumber-sumber cahaya kebahagiaan, yang mudah, murah, dan cepat kita bisa lakukan, yang kelak dapat memancarkan sinar terangnya kedalam kehidupan kita?

Sesuai kondisi, kemampuan, dan pengalaman kita masing-masing, tentu kita dapat memahaminya, asalkan kita mau menyadari tentang kebahagian-kebahagian kecil yang kita rasakan dari dalam diri kita, tentu itu juga yang akan menjadi jalan kebahagiaan orang lain, agar dapat memancarkan cahaya kebahagiaan kepada diri kita dan kepada orang lain.

Berbahagialah karena kebahagian itu menular

Semoga kita dimudahkan untuk selalu merasakan kebahagiaan di dalam hidup kita, dengan terlebih dahulu membuat sumber-sumber cahaya kebahagiaan yang akan menerangi diri kita, aamiin…

Penulis
Bastian Jabir Pattara