Liga Champions: Barcelona dan Bayern Lolos ke Perempat Final

Barcelona melenggang ke perempat final Liga Champions usai menyingkirkan Arsenal, sedangkan Bayern harus susah payah mendepak Juventus

LIPUTAN8.COM — Barcelona dan Bayern Munchen menggenapi delapan klub yang berhasil lolos ke perempat final Liga Champions. Barca melenggang ke fase delapan besar usai menyingkirkan Arsenal, sedangkan Bayern harus susah payah mendepak Juventus.

Blaugrana terlalu tangguh bagi The Gunners. Pada pertemuan pertama 16 besar Liga Champions yang dihelat di Stadion Emirates, 24 Februari 2016, Barcelona menang dua gol tanpa balas. Sepasang gol Los Cules disarangkan Lionel Messi pada menit ke-71 dan 83.

Ketika gantian menjamu skuat Meriam London di Camp Nou, Kamis (17/3/2016) dini hari WITA, Barcelona memetik kemenangan 3-1. Neymar, Luis Suarez, dan Lionel Messi bergantian membobol gawang Arsenal pada menit ke-18, 65′, dan 88′.

Sementara itu, Arsenal hanya mampu membalas lewat Mohamed Elneny pada menit ke-51. Hasil tersebut membuat skuat Catalan lolos ke perempat final dengan agregat 5-1.

Di sisi lain, Bayern Munchen dipaksa bekerja keras untuk memastikan satu tempat pada babak delapan besar. Dalam leg pertama 16 besar Liga Champions di Juventus Stadium, 24 Februari 2016, Die Bayern harus puas bermain imbang 2-2.

The Bavarians sempat unggul 2-0 berkat gol yang disarangkan Thomas Muller (43′) dan Arjen Robben (55′). Akan tetapi, Juve berhasil mencetak dua gol dan memaksa laga berakhir dengan skor imbang lewat aksi Paulo Dybala (63′) dan Stefano Sturaro (76′).

Skor imbang 2-2 juga terjadi saat Bayern Munchen menjamu I Bianconeri di Allianz Arena, Kamis (17/3/2016) dini hari WIB. Paul Pogba (5′) dan Juan Cuadrado (28′) membawa Juve unggul 2-0 pada babak pertama. Namun, Die Roten sukses membuat skor menjadi sama kuat 2-2 setelah Robert Lewandowski (73′) dan Thomas Muller (90+1′) mencatatkan namanya di papan skor.

Dengan agregat sama kuat 4-4 membuat pertandingan harus berlanjut hingga ke perpanjangan waktu. Pada extra time, Bayern Munchen akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 4-2 dan unggul agregat 6-4. Dua gol tambahan Bayern disarangkan Thiago Alcantara (108′) dan Kingsley Coman (110′).

Berkat hasil tersebut, Barcelona dan Bayern Munchen melengkapi delapan tim yang lolos ke perempat final Liga Champions musim ini. Sebelumnya, Real Madrid, Benfica, VfL Wolfsburg, Paris Saint-Germain, Manchester City, dan Atletico Madrid telah lebih dulu melenggang ke babak delapan besar.

Madrid menembus perempat final usai menang agregat 4-0 atas AS Roma, Benfica unggul agregat 3-1 atas Zenit St Petersburg, Wolfsburg yang menyingkirkan KAA Gent dengan agregat 4-2, PSG yang mendepak Chelsea dengan agregat 4-2, Manchester City menang agregat 3-1 atas Dynamo Kiev, serta Atletico yang menendang PSV Eindhoven dari Liga Champions lewat adu penalti dengan skor 8-7 setelah agregat sama kuat 0-0.

Pengundian fase perempat final Liga Champions akan berlangsung di Nyon, Swiss, Jumat (18/3/2016) sore WITA. Laga leg pertama babak delapan besar akan dihelat pada 5 dan 6 April, sedangkan pertemuan kedua digelar pada 12 dan 13 April 2016. (bol/nto/liputan8)