10 Ribu Pelajar Makassar Ramaikan Momen GMT di Pantai Losari

Ilustrasi

LIPUTAN8.COM – Ribuan warga Makassar akan saksikan Gerhana Matahari Total di kawasan anjungan Pantai Losari. Ribuan warga Makassar akan tumpah di anjungan losari untuk menyaksikan gerhana matahari pertama di abad 21, Rabu pagi (9/3/2016).

Pemerintah Kota Makassar mengambil tema festival gerhana matahari 2016 yakni “Battu Rattema Ri’ Bulang (saya sudah datang dari bulan). Walikota Makassar Danny Pomanto dalam pertemuan itu juga dipastikan akan hadir dan larut bersama ribuan warga Makassar dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Dalam acara ini nanti, sebanyak 10 ribu pelajar, majelis talim, keluarga besar pemkot Makassar, TNI, kelompok seniman, serta masyarakat umum akan tumpah dilosari untuk menyaksikan keindahan langit Makassar pada saat gerhana matahari berlangsung.

“Makassar sangat antusias menyambut momen langka ini. 10 pelajar bersama kelompok masyarakat lainnya akan berkumpul di anjungan losari untuk menyaksikan keindahan langit makassar pada saat proses gerhana berlangsung ” ujar Danny Pomanto kepada liputan8.com.

Untuk kota Makassar, proses gerhana matahari akan berlangsung selama 2 jam 29 menit. Fase pertama diawali saat bulan perlahan mulai menyentuh piringan matahari, itu akan terjadi pada pukul 07.26:30 WITA. Proses ini akan terus berlangsung hingga mencapai puncak gerhana matahari yang akan terjadi pada pukul 8.35:55 1wita. Selanjutnya fase terakhir saat matahari kembali bersih pada pukul 9:55:40 WITA.(riri/aco/liputan8)