DPRD Makassar: Pengelola Usaha Tak Punya Izin Lingkungan Akan Ditindak

Abdul Wahab Tahir

LIPUTAN8.COM – Maraknya pengelola usaha yang tak taat izin lingkungan membuat Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) Sulsel berunjuk rasa di DPRD Makassar, Senin (29/2/2016).

Mereka menyebutkan, sejumlah pengelola usaha yang tak taat izin lingkungan, bisa berdampak pada kerusakan lingkungan yang terjadi di kota Makassar. Olehnya itu, mereka meminta kepada DPRD Makassar untuk mendesak pemerintah kota yang maasih mengabaikan izin lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Makassar Abdul Wahab Tahir menyatakan, akan segera melakukan tindakan tegas terhadap pengelola usaha yang mengabaikan izin lingkungannya.
“Kami dukung tuntutan mereka yakni semua bagunan usaha harus memiliki dokumen linkungan dan amdal lalin,” kata Wahab saat menerima aspirasi ISMAHI Sulsel.

Sejauh ini, DPRD telah melakukan koordinasi dengan Pemkot Makassar, dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) terkait dokumen lingkungan dan Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) untuk IMB dan izin perintukannya.

Sanksi tegas juga akan diberikan jika masih ditemukan gedung usaha tanpa izin lingkungan. “Sanksi tegas seperti pencabutan izin operasi akan kami lakukan,” tegas legislator fraksi Golkar ini.

Hal ini untuk memberikan efek jera bagi pengelola usaha lainnya. Ia juga menjelaskan demi mewujudkan kota yang nyaman dan sehat seluruh stake holder harus bekerja sama dengan baik.
“Makassar kan sudah menuju kota dunia, kita harus menghindari permasalahan lingkungan. Apalagi soal limbah dan sampah,” jelas Wahab.(riri/lpt8/ps)