Danny Pomanto Irup di Hari Jadi Satpam

LIPUTAN8.COM — Wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 35 Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) di lapangan Karebosi, Rabu (30/12/2015).

Di hadapan ribuan anggota Satpam yang tengah memperingati hari jadi ke – 35 Tahun, Danny Pomanto mengajak untuk memanfaatkan peringatan ulang tahun ini sebagai momentum untuk melakukan introspeksi diri, dan evaluasi atas kinerja yang dicapai selama 35 tahun bertugas, “Introspeksi dan evaluasi dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja kita agar lebih optimal di tahun mendatang,” ujar Danny.

Peringatan HUT Satpam juga dimanfaatkan Danny untuk mengingatkan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tersisa dua hari lagi, 1 Januari 2016.

Menurut Danny, berlakunya MEA menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia, “MEA menjadi peluang bagi kita dengan terbukanya kran investasi dari luar, dan di sisi lain menjadi tantangan bagi kita dengan masuknya barang impor, dan tenaga kerja asing ke negara kita,” terang Danny.

Pemimpin 1,7 juta penduduk Makassar itu, mengapresiasi kinerja Satpam yang dapat memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang telah ditunjukkan di tempat tugasnya dengan kewenangan kepolisian terbatas yang dimiliki.

Danny menyemangati Satpam untuk mempertahankan kinerjanya bahkan meningkatkan lagi di waktu mendatang, “Tampilkan perilaku yang waspada, lakukan tindakan hukum terbatas jika diperlukan, dan terus pelihara kamtibmas di lingkungan kerja masing – masing,” semangatnya.

Peringatan tahun ini mengangkat tema, “Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia Melalui Pendidikan yang Berkualitas dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”.

HUT ke – 35 Tahun Satpam juga mengapresiasi satpam berprestasi dalam mengatasi kasus kriminal di tempat tugas periode 2015, penghargaan diserahkan oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto kepada dua Satpam Berprestasi, yakni Suriadi yang bertugas di PT. Pelindo yang menggagalkan pencurian isi kontainer, dan Andi Idjo yang bertugas di Panakkukang Square yang menggagalkan pencurian motor. (hsp/lpt8)