BPPPA Gelar Platihan Pendampingan Kekerasan Perempuan dan Anak

Jpeg

LIPUTAN8.COM — Badan Pemberdayaan Prempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Kota Makassar, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pendamping kekerasan terhadap perempuan dan perlindungan anak yang di ikuti para pendamping di seluruh kecamatan se kota Makassar di Hotel Alden, Jalan Lasinrang. Selasa (11/8).

Asisten VI Bidang Administrasi Umum, Dr. A. Iriani memberikan apresiasi luar biasa dalam upaya terselenggarakannya pelatihan ini.

“Pelatihan seperti ini sangat penting dilakukan untuk peningkatan kapasitas sumberdaya manusia sehingga para pendamping memiliki pemahaman tentang pendampingan,” Ungkap Iriani dalam pemembukaan kegiatan pelatihan tersebut.

Penanganan yang harus diberikan kepada korban kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam pelayanan bantuan hukum, dan bagaimana peran pemberi layanan, baik Formal maupun Informal dapat secara bersama-sama melakukan penanganan perempuan dan anak korban kekerasan.

Salah Satu bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, lanjutnya, bagaimana masyarakatnya dapat terlindungi dengan peningkatan kapasitas pendamping itu sendiri. Dimana salah satu permasalahan yang menjadi pemicu tingkat kekerasan perempuan dan anak salah satunya faktor Ekonomi.

Senada dengan Sekretaris BPPAP Kota Makassar, Amelia Malik menambahkan, sejauh ini peran pendamping yang berada di kecamatan yang sudah kita lakukan adalah sosialisasi dimana peran pendamping apabila ada korban maka disitulah peran pendamping melakukan pendampingan terhadap korban kekerasan.

“Pendampingan ini membutuhkan kerjasama semua pihak mulai dari penanganan psikososial, hukum, rehabilitasi sosial hingga ekonomi sehingga tim petugas yang menangani bisa terdiri dari pekerja sosial, psikolog, psikiater, pendamping, serta polisi,” tambahnya.

Penulis: Haspan Hamid
Editor: Ariel