BPPAP Dorong Perencanaan Anggaran Responsif Gender

LIPUTAN8.COM — Guna menjamin keterwakilan perempuan dalam seluruh sektor pembangunan di Kota Makassar, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPAP) Makassar mendorong implementasi PUG yang terintegrasi pada perencanaan anggaran disetiap SKPD.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sendiri telah menunjukkan hal tersebut dengan terbitnya Peraturan Wali Kota (Perwali) No. 37 tahun 2015 tentang Pedoman Umum Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Kota.

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan Koordinasi dan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender oleh BPPAP Makassar yang digelar di Hotel Gran Celino Makassar, Jumat (7/8). Kegiatan tersebut dibuka Asisten III, H Burhanuddin mewakili Wali Kota Maakssar.

“Kegiatan ini akan mendorong seluruh SKPD lingkup Pemkot untuk lebih pro Gender dalam setiap Perencanaan dan Penganggaran kegiatan di masing-masing satuan kerja. Hal ini akan memastikan proses dan hasil pembangunan yang dilakukan menjadi lebih berkualitas,” kata Burhanuddin, mewakili sambutan Wali Kota Makassar.

Ketua Panitia sekaligus Kepala BPPAP Makassar, Tenri A. Palallo menjelaskan, tujuan kegiatan ini guna memberi rujukan untuk pelaksanaan percepatan PUG melalui PPRG.

“Output yang diharapkan seluruh SKPD mampu melakukan penyusunan anggaran yang progender sekaligus menjadi pedoman dalam pemantauan dan evaluasi dalam pelaksanaan PPRG,” ujar Tenri.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari, Jumat (7/8) hingga Sabtu (8/8) dengan menghadirkan pemateri diantaranya Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Provinsi Sulsel, Dwi Aswan Amin, DR Novati Eni Dungga dan Yudha Yunus.

Andi Nirwana salah seorang peserta dari Dinas Kelautan, Pertanian, Perikanan Kota menyatakan, pelatihan ini membuka wawasan lebih jauh tentang penyusunan anggaran dengan mempertimbangkan keikutsertaan peran perempuan baik dalam proses maupun penggunaan anggaran yang terangkum di setiap kegiatan SKPD.

Reporter:Haspan Hamid
Editor:Ariel