Wagub Sulsel Deg-degan jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Sinovac

LIPUTAN8.COM, Makassar – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menjadi orang pertama di lingkup Pemprov Sulsel yang disuntik Vaksin Sinovac tahap awal, Kamis (14/1/2021).

Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Rumah Sakit (RS) Dadi Makassar, jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel dan tokoh masyarakat yang sedianya di Vaksin Sinovac.

“Menjadi orang pertama menerima suntik vaksin di Sulsel deg-degan,” kata Andi Sudirman Sulaiman, Kamis (14/1/2021).

Adik mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman itu mengaku bersyukur jarum suntik vaksin tidak sebesar apa yang ia bayangkan.

“Alhamdulillah jarum suntiknya tak sebesar yang saya kira jadi hampir tidak terasa sama sekali,” ucap dia.

Meski begitu, setelah divaksin ia mengaku merasakan nyeri di lengan kirinya. Andi Sudirman Sulaiman pun berharap semoga dengan disuntikkannya Vaksin Sinovac ini menjadi solusi untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Setelah vaksin, ada observasi 30 menit untuk mengetahui reaksinya. Terasa pegel sedikit di bagian yang disuntik. Semoga Allah lancarkan dan jadikan solusi menekan penyebaran pandemi Covid-19 ini kepada diri, keluarga dan masyarakat. Amin,” dia memungkasi.

Andi Sudirman Sulaiman menjadi orang pertama yang disuntik Vaksin Sinovac di Sulawesi Selatan setelah Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai penerima vaksin. Nurdin Abdullah mengaku bahwa anggota keluarga serumah dengan dirinya pernah menderita Covid-19.

Selain Gubernur Sulsel, sejumlah pejabat lain juga batal menerima vaksin. Diantaranya, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar, Sekda Sulsel Abdul Hayat Gani dan Kadinkes Sulsel Muhammad Ichsan Mustari.

Selain itu, Wakil Sekertaris PKK Sulsel, Aisyah Ahmad, Ketua IDI Sulsel, Gemini Alam dan Ketua MPI KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra.

Dari daftar list Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan ada 15 orang yang rencananya akan divaksin pada tahap pencanangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Sulsel. Ke 15 orang itu dari unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat. (Tj)