43 Kendaran Listrik di Makassar Resmi Beroperasi, Begini Tampilan TKNBnya

LIPUTAN8.COM, Makassar – Kendaraan bermotor untuk jenis kendaraan listrik  berbasis baterai  yang ada di Kota Makassar saat ini mulai resmi beroperasi setelah mendapatkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) resmi dari pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Yusuf Usman di dampingi oleh Kasi Bpkb, Kompol Irwan dan Kasi Stnk Samsat Makassar, Kompol Aryo Dwi Wibowo, Rabu (18/11/2020).

“Saat ini kendaraan roda dua yang menggunakan tenaga listrik telah terdaftar dan mendapatkan plat resmi. Untuk di Kota Makassar, saat ini  jumlahnya ada 43 kendaraan,” kata Kompol Yusuf Usman.

Ia menjelaskan, pelat kendraan listrik bentuknya sama dengan plat kendaran lainnya hanya berbeda di warna. Pada kendaraan listrik menggunakan warna dasar hitam pada bagian atas dan garis warna biru bagian bawah yang diperuntukkan untuk kendaraan pribadi.

Sementara untuk kendaraan listrik untuk dinas menggunakan warna merah pada bagian atas dan garis biru dan untuk kendaraan listrik umum menggunakan warna kuning pada bagian atas dan garis warna biru .

“Ada perbedaan warna untuk pelat kendaraan listrik berbasis baterai,” jelas Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Yusuf Usman.

Soal registrasi dan identifikasi sambung Yusuf, secara nasional sudah berjalan sejak tahun 2019 lalu. Namun untuk di Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar jumlah kendaraan masih terbatas dan yang ada saat ini adalah kendaraan roda dua.

“Untuk registrasi dan identifikasinya sama dengan kendaraan berbahan bakar Premium dan solar,” jelas Kompol Yusuf Usman.

Sejumlah regulasi terkait dengan kendaraan bermotor dengan penggerak listrik yakni, Pasal 64 ayat 1 UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) disebutkan bahwa setiap kendaraan bermotor wajib diregistrasikan. Kemudian dipertegas dalam PP 55 tahun 2012 tentang Kendaraan. (Tj)