Di Era Nico-Victor, Dispora Jadi OPD sebagai Bentuk Kepedulian Pemuda

MAKALE, LIPUTAN8.COM – Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 kali ini menjadi kilas balik bagi pemuda Tana Toraja dalam mengapresiasi salah satu kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja terhadap pemuda.

Salah satu bukti kepedulian pemkab, yakni dengan dibentuknya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tana Toraja sebagai salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di 2016.

OPD Dispora Tana Toraja dibentuk di pemerintahan Bupati-Wakil Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Nico-Victor).

“Itu menjadi salah satu bukti bahwa Nico-Victor sangat peduli terhadap pemuda. Dispora dibentuk untuk mengelola seluruh program kepemudaan,” ungkap Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan, Nores Snors, kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Menurut Nores, dibentuknya Dispora Tana Toraja sebagai salah satu OPD, merupakan janji Nico-Victor saat maju sebagai pasangan calon di Pilkada 2015 lalu.

Dan ternyata itu dibuktikan pasangan Nico-Victor sesaat setelah dilantik jadi Bupati-Wakil Bupati Tana Toraja 2016 lalu.

Dulunya, kata dia, sebelum Nico-Victor menjabat, urusan kepemudaan masih di bawah naungan Sekretariat Daerah Tana Toraja. Itu pula menjadi salah satu kendala pemerintahan terdahulu dalam memberi perhatian kepada pemuda.

“Nah, begitu Nico-Victor dilantik, segala urusan kepemudaan dan pembinaan prestasi dikelola sepenuhnya oleh dispora. Sebagai aktivis pemuda, kami berterima kasih kepada Nico-Victor,” jelas Nores yang juga putra Toraja ini.

Terpisah, Ketua KNPI Tana Toraja periode 2015-2018, Theofilus Limongan, mengatakan, terbentuknya OPD Dispora Tana Toraja sebagai bentuk inisiatif pemda di bawah kepemimpinan Nico-Victor untuk serius membangkitkan prestasi anak muda.

“Jika saja Dispora ini tidak dibentuk, bisa saja seluruh program kepemudaan di Tana Toraja akan berjalan di tempat seperti di pemerintahan sebelumnya. Banyak agenda pemuda seketika bergeliat setelah dispora ini dibentuk oleh Nico-Victor. Karena, agenda-agenda pembinaan dan prestasi terprogram seluruhnya di dispora,” jelas Theofilus.

Karena itu pula, tambah Theofilus, pemuda menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih yang besar kepada Nico-Victor yang melihat adanya kendala kepemudaan dengan membentuk dispora tersebut. (*)