Jaga Kesehatan Tubuh, Fatma Gowes Sepanjang 16 Km

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM – Fatmawati Rusdi sadar betul pentingnya menjaga kesehatan di tengah aktivitas yang begitu padat. Gowes menjadi salah satu pilihan bagi ibu empat anak ini menjaga kebugaran dan imun di tengah pandemi Covid-19.

Aktivitas bersepeda cukup rutin dilakukan Fatma. Itu bisa dilihat dari jarak yang ditempuh yang dilalui.

Pada Rabu sore, (16/9/2020), bakal calon wakil wali kota Makassar ini menempuh jarak sekira 16 kilometer. Start dari kediaman pribadinya di Jalan Faisal, lalu menyusuri Jalan Banta-Bantaeng, Jalan Veteran terus ke Jalan Monginsidi, Jalan Haji Bau, Jalan Metro Tanjung Bunga, dan finis kembali di Jalan Faisal.

Fatma tak sendirian, puluhan anggota komunitas gowes emak-emak menemaninya.
Pasangan Danny di Pilkada Makassar ini juga menyempatkan diri menyapa warga. Melempar senyum dan melambaikan tangan.

“Adama’ idamanta. Cantik mentong bu wakil wali kotaku,” teriak warga di Jalan Veteran.

Setiap namanya disebut warga, Fatma tak berlalu begitu saja. Ia melambatkan laju sepedanya. Diikuti oleh para pesepada lainnya. Fatma menanyakan kabar dari warga yang bermukim disekitar lokasi yang dilintasinya.

“Bagaimana kabarta’ semua bu? Sehat-sehatjaki? Adama’ bu,” kata Fatma, diiringi dengan senyum khasnya.

Antusiasme warga begitu terlihat. Setiap menghentikan sepedanya, warga mendatanginya. Sekadar untuk bersalaman ataupun saling menyapa.

“Jangan lupa selalu pakai maskerta’. Mari kita sama-sama mencegah penularan Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan,” imbau Fatma yang juga mantan ketua tim penggerak PKK Kabupaten Sidrap dua periode itu.

Saat di Jalan Metro Tanjung Bunga, beberapa peserta menyediakan door prize untuk rombongan komunitas gowes emak-emak yang setia menemaninya.

Beragam hadiah menarik disiapkan. Mulai dari voucher belanja hingga hadiah menarik lainnya. Diakhiri dengan bernyanyi bersama yang semakin menguatkan suasana kekeluargaan yang tercipta.

Sekadar diketahui, Fatma juga terbiasa mengecek kondisi kesehatannya meski rutin berolahraga.

“Saya tiap tahun melakukan medical check up secara rutin. Treadmill dan olahraga lain,” jelas mantan ketua TP PKK Sidrap dua periode ini saat menjalani pemeriksaan kesehatan beberapa waktu lalu. (*)