Gelapkan Dana Nasabah, Oknum Pegawai Bank di Sidrap Ditangkap

LIPUTAN8, Sidrap – Ferdynan Toda (33) salah satu karyawan Bank BRI yang bekerja di BRI unit Otting Kabupaten Sidrap ditangkap polisi dalam dugaan tindak pidana penggelapan dana nasabah, Kamis, 3 September 2020.

Ferdynan diamankan oleh Satuan Reskrim Polres Sidrap setelah dilaporkan oleh Erna, Kepala Unit BRI Otting dengan Laporan Polisi Nomor : LPB/152/IX/2020/SPKT/SSL/RES.SIDRAP Tgl 03 september 2020.

Dari data yang dihimpun, pelaku awalnya menerima pembayaran pelunasan kredit dari 42 orang nasabah dari Bank BRI unit Otting. Uang ratusan juta rupiah yang seharusnya disetorkan ke kasir untuk dilakukan validasi, kemudian digunakan oleh pelaku untuk keperluan pribadi tanpa melakukan konfirmasi ke pihak Bank BRI.

“Benar, pelaku telah kita amankan. Ia dilaporkan oleh pimpinan Unit BRI Otting dalam tindak pidana penggelapan dana nasabah, ” kata Kepala Satuan Reskrim Polres Sidrap, AKP Benny Pornika, Kamis, 3 September 2020.

Benny menerangkan, awalnya pelapor telah melakukan pendekatan kepada pelaku agar dana pelunasan nasabah dikembalikan. Hingga bulan Agustus 2020 kata Benny, pelaku menyerahkan pembayaran 22 orang nasabah ke pihak Bank BRI .

“Dari proses pendekatan, pelaku telah mengembalikan dana 22 orang nasabah. Namun masih tersisa dana pelunasan dari 20 orang nasabah dengan total Rp377 juta lebih,” terang mantan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui pembuatannya. Saat ini pihak kepolisian telah melakukan gelar perkara dengan kesimpulan kasus tersebut dapat ditingkatkan ke Penyidikan dengan tersangka Ferdynan Toda, tentang tindak pidana Perbankan dan atau Penggelapan Dalam Jabatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 49 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 07 Tahun 1992 tentang Perbankan atau Pasal 374 KUHPidana.

“Sudah digelar perkara. Tersangka terbukti telah melakukan tindak Pidana Perbankan dan atau Penggelapan Dalam Jabatan,” Benny Pornika memungkasi. (Tj)