Sensus Penduduk Online di Sulsel Lampaui Target

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Yos Rudiansyah, menyatakan, Provinsi Sulsel melampaui target dalam pendataan sensus penduduk secara online. Pendataan dilakukan pada periode Februari hingga Mei lalu.

“Provinsi Sulsel melampaui target dalam pendataan sensus penduduk secara online yang dilakukan Februari sampai Mei kemarin,” kata Yos Rudiansyah usai bertemu dengan Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, di Rumah Jabatan Gubernur, Selasa, 25 Agustus 2020.

Atas capaian ini, BPS RI memberikan piagam penghargaan bagi Pemerintah Provinsi Sulsel yang diterima langsung Gubernur. BPS Sulsel sendiri menargetkan untuk sensus online sebanyak 17 persen, dapat direalisasikan 21 persen.

“Ada selisih lebih empat persen. Dalam jumlah 1,9 juta penduduk yang sudah disensus secara online dari target penduduk 8,9 juta. Jadi sisanya 7 juta lagi yang akan kita data secara door to door,” jelas Yos.

Keberhasilan ini, kata Yos, atas dukungan Pemprov Sulsel kepada BPS dalam berbagai hal. Apalagi, sebentar lagi ada sensus penduduk secara offline door to door yang akan dilaksanakan 1-31 September mendatang.

Pada kesempatan ini, Ia juga mengundang Gubernur untuk hadir pada zoom meeting bersama BPS. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, seluruh kegiatan tetap berjalan dengan baik untuk memberikan informasi dan data yang dibutuhkan stakeholder di Sulsel.

“Di tengah pandemi ini harus berjuang menampilkan data-data yang terbaik dari pemerintah daerah,” ujarnya. (**)