Relawan Muda Birma Peduli Sisir Rumah Warga Bagikan Takjil

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM – Sekelompok remaja yang tergabung dalam Relawan Muda Birma Peduli, atas inisiatif sendiri melakukan pembagian takjil buka puasa ke sejumlah warga di kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, dengan mendatangi langsung rumah-rumah sasaran, Rabu (20/5).

Menurut Koordinator Relawan Muda Birma Peduli, Muhammad Rafli Putra, kegiatan pembagian takjil tersebut berawal dari gagasan yang dilontarkan adiknya, Najwa Khalilah Nursafirah, yang kemudian disampaikan kepada para orang tua di Birma Peduli, setelah memperoleh dukungan baru dilaksanakan.

“Kegiatan ini sebenarnya ide Khalilah yang kemudian kita mintakan persetujuan kepada orang-orang tua kami di Birma Peduli, dan Alhamdulillah beliau merespon rencana kami, dengan biaya kami kumpulkan dari hasil celengan kami selama ini, akhirnya kegiatan bisa kami lakukan hari ini,” terang Muhammad Rafli Putra yang biasa dipanggil Appi.

Lebih lanjut Appi menjelaskan, meski saat distribusi dibarengi dengan rintik hujan, namun hal itu tidak mengendorkan semangat mereka untuk mendatangi rumah-rumah warga sasaran satu persatu, dengan memasuki sejumlah lorong yang ada di kelurahan Biring Romang tersebut.

“Kebetulan tadi saat pembagian, sedang hujan rintik-rintik, tapi teman-teman tetap semangat membagi keliling lorong ke lorong mendatangi rumah-rumah warga, meski terpaksa kita lepas masker karena basah dan takut terhisap dan membuat batal puasa,” ucap Appi sembari tersenyum.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Pelaksana Aksi Birma Peduli Sedekah Covid-19, Muh. Ervinlaha, mengaku sangat mendukung apa yang digagas para relawan muda tersebut, karena menurutnya hal itu membuktikan, bahwa jiwa-jiwa sosial kemanusiaan telah mereka miliki, dan itu menjadi modal dasar bagi kehidupan mereka di kemudian hari.

“Kami para orang tua yang ada di Birma Peduli tentu sangat bangga dan sangat mendukung terhadap ide mereka untuk berbagi dengan warga lain, apalagi di saat bulan ramadhan di situasi ekonomi yang serba sulit ini. Hal itu membuktikan bahwa mereka telah memiliki jiwa sosial kemanusiaan, yang akan menjadi modal bagi mereka kelak saat dewasa,” tegas Ervin.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang selaku Pembina Birma Peduli, mengaku terharu dengan adanya kegiatan tersebut, karena menurutnya pelibatan para remaja yang kemudian dinamai Relawan Muda tersebut hanya sebagai proses pembelajaran awal bagi mereka dengan tugas membantu para orang tua dalam kegiatan-kegiatan aksi sosial.

“Bagi saya ini hal sangat luar biasa, karena Relawan Muda kita buat hanya sekedar untuk pembelajaran awal sekaligus membantu para orang tua dalam kegiatan ini, namun keinginan mereka untuk berbuat dengan memanfaatkan tabungan yang mereka kumpukan sedikit-sedikit dalam setahun, itu menjadi hal yang awalnya sulit saya percaya,” pungkas Ambang, seraya berharap kegiatan tersebut bisa terus berlanjut di kemudian hari. (*)