Sebanyak 93 WNA Peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia Telah Dipulangkan

LIPUTAN8.COM, Makassar – Ratusan warga negara asing (WNA) peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia hingga kini masih dilakukan pengawasan dan diisolasi di Grand Sayang Park Hotel, Jalan Manunggal 22, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari ratusan warga negara asing tersebut, secara bertahap dipulangkan ke negara asal masing-masing. Berdasarkan data yang diterima, jumlah WNA yang menghadiri Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Pakkato, Kabupaten Gowa berjumlah 436 orang.

Seluruh WNA itu berasal dari 9 negara berbeda yakni, Thailand, Malaysia, India, Arab Saudi, Pakistan, Timor Leste, Brunei Darussalam, Filipina dan Bangladesh.

“Sejak hari Kamis,19 Maret 2020, sampai hari ini, telah dipulangkan secara bertahap ke negara masing,” kata Kepala Penerangan Kodam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf Maskun Nafik, Sabtu (21/3/2020).

Kapendam merinci, pada Kamis, 19 Maret 2020, 7 orang peserta Ijtima Dunia asal India telah pulang ke negaranya menggunakan jalur udara.

Kemudian keesokan harinya, sebanyak 36 WNA peserta Ijtima Dunia kembali dipulangkan ke negara asalnya yang terdiri dari 8 warga Malaysia, 6 warga Bangladesh, 10 warga Thailand dan 2 warga Filipina.

Kemudian untuk hari ini, kata Maskun, 18 WNA asal Malaysia kembali pulang ke negara asalnya. 14 diantaranya pulang menggunakan pesawat, 4 lainnya pulang menggunakan kapal laut.

“Sehingga sampai saat ini, total WNA yang pulang ke negara asalnya sebanyak 93 orang. Sementara untuk 343 WNA, kita pastikan akan terus dipulangkan secara bertahap,” jelas Kapendam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf Maskun Nafik.

 
Penulis : Tejho
Editor    : Rafa