Seorang Peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia Meninggal Dunia

LIPUTAN8.COM, Makassar – Salah seorang peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang berlangsung di Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, dikabarkan meninggal dunia.

Kabar meninggalnya salah seorang jemaah dibenarkan oleh Penanggung jawab posko kesehatan Ijtima Dunia 2020 Zona Asia, dokter Kahar Munir.

“Benar, salah seorang peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia meninggal dunia. Korban adalah SR, jemaah asal Manokwari, Papua Barat,” kata dokter Kahar Munir saat dikonfirmasi, Jumat (20/3/2020).

Kahar menceritakan bahwa mulanya korban tiba-tiba dibawa ke posko kesehatan oleh rekan-rekannya menggunakan tandu. Saat itu korban sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri.

“Dia dibawa 6 orang rekannya jam 11.50 Wita ke posko kesehatan,” jelas Kahar.

Petugas kesehatan pun langsung memberikan pertolongan pertama kepada SR dengan cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP).

“Sudah tidak ada respon verbal, makanya kita lakukan Resusitasi,” ucapnya.

Namun sayang upaya itu tidak membuahkan hasil, korban tidak dapat tertolong lagi. Kahar menyebutkan bahwa korban memang memiliki riwayat penyakit jantung sehingga diduga penyebab kematiannya adalah serangan jantung.

“Kondisi pasien tersebut tidak ada perubahan dan meninggal. Riwayat penyakit sebelumnya pernah mengalami serangan jantung,” jelas Kahar Munir.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Rafa