Sebar Hoax Pasien Positif Corona, Pemuda di Sidrap di Polisikan

LIPUTAN8.COM, Parepare – Ditengah merebaknya virus Corona Covid-19, Pemerintah terus bekerja mengantisipasi penyebaran virus yang mematikan itu, termasuk TNI-Polri yang juga ikut memerangi penyebarannya termasuk melakukan pemantaun penyebar informasi yang tidak benar atau Hoax.

Agussalim (19) salah seorang pemuda yang tinggal di Kelurahan Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan diamankan pihak kepolisian.

Pemuda tambun itu ditangkap setelah dilaporkan telah menyebarkan berita hoaks terkait Virus Corona Covid-19 di Kota Parepare.

“Benar, kami dibantu Polres Sidrap, berhasil mengamankan pelaku di rumahnya di Amparita kemarin malam,” kata Kasat Reskrim Polres Parepare, Iptu Asian Sihombing saat dikonfirmasi, Jumat (20/3/2020).

Asian Sihombing menjelaskan, Agussalim diamankan setelah pihak kepolisian menerima laporan dari pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Parepare.

Laporan tersebut kata Asian, setelah Agussalim mengunggah sebuah video dengan judul Tiga Orang Positif Corona di Sulawesi Selatan di laman You Tube miliknya. Video dengan latar RSUD Andi Makkasau Parepare itu kemudian viral dan membuat warga resah dan video tersebut kini telah ditonton hingga puluhan ribu kali.

“Vidoe di laman You Tube pelaku sudah ditonton hingga puluhan ribu kali. Hal itu menimbulkan keresahan di masyarakat,” jelas Asian Sihombing.

Di depan polisi kata Asian, Agussalim pun mengakui kesalahannya yang sebelumnya tidak memastikan kebenaran informasi tersebut sebelum menyebarkannya.

Atas perbuatannya, pemuda yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan itu pun dijerat Pasal 45 A UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara atau denda maksimal Rp 1 miliar.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Andi Afdal