Iqbal Suhaeb Jadi Inspektur Upacara Hari Bela Negara ke-71

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menjadi Inspektur Upacara Hari Kedisiplinan yang dirangkaikan dengan Hari Bela Negara, di Halaman Kantor Wali Kota Makassar, Kamis (19/12/19).

Upacara ini diikuti oleh Sekda Kota Makassar M Ansar, Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) tingkat Kota Makassar dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Dalam amanat seragam, Iqbal menyampaikan puji syukur karena dapat kembali memperingati Hari Bela Negara yang ke – 71 pada tahun ini.

“Hari Bela Negara ini terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan Kemerdekaan Negara Kesatuan RI yang ke – 74,” ucapnya.

Kata Iqbal, Bela Negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Karena tugas tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi secara profesional demi keutuhan negara.

Aksi nasional bela negara juga melengkapi keahlian SDM dengan pengalaman nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Dalam aktualisasinya, Iqbal menyebutkan bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula.

Hari Bela Negara diperingati setiap 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948. (*/inda)