Tipiter Polres Takalar Tangkap Pemuda Penghina Jokowi di Medsos

LIPUTAN8.COM, Takalar – Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Takalar mengamankan satu orang pelaku ujaran kebencian di Kecamatan Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa, Selasa (1/10/2019).

Pemilik akun Syafri Mis Apcd adalah SY, pemuda kelahiran 11 Desember 2002 lalu diamankan di kampung halamannya di Dusun Pa,la,lak, Desa Tanrara, Kabupaten Gowa.

Ia diamankan setelah memposting status pada media sosial (Medsos) Facebook miliknya dengan kata-kata “Bagi Mahasiswa Setuju Ngak Kalau Jokowi Dibunuh dan Dibakar”. Status pelaku kemudian viral setelah diposting di Kabar Takalar.

Kapolres Takalar, Akbp Gany Alamsyah Hatta yang dikomfirmasi membenarkan perihal penangkapan pelaku ujuran kebencian terhadap Joko Widodo. Ia menjelaskan, pihaknya berhasil mengamankan pelaku setelah menerima laporan informasi dari Direktorat TipidSiber Mabes Polri.

“Setelah kita menerima laporan informasi dari Mabes Polri, kita langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku di rumahnya,” kata Gany Alamsyah Hatta saat dimintai konfirmasi, Selasa (2/10/2019) malam.

Bersama pelaku kata Gany sapaan akrab Kapolres Takalar, pihaknya juga menyita barang bukti berupa satu unit Hp milik pelaku dan satu lembar screnshoot postingan pelaku yang telah diunggah di media sosial.

Mantan Kasubdit IV Ditkrimum Polda Sulsel itu menambahkan, kepada pelaku dipersangkakan Pasal 238 ayat (1) KUHP Jo pasal 45 ayat (3) undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Untuk motif pelaku, Kapolres Takalar menjelaskan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku,”Motifnya masih kita dalami, yang bersangkutan masih diperiksa,” Jelas Akbp Gany Alamsyah Hatta.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Andi Afdal