Sebelum Launching, Satlantas Polres Pinrang Sosialisasi Smart SIM

LIPUTAN8.COM, Pinrang – Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pinrang melakukan persiapan Launching Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) yang secara serentak akan digelar pada tanggal 22 September 2019.

Kepala Unit (Kanit) Registrasi Identifikasi (Regident) Samsat Pinrang, Iptu Rusdy melakukan sosialisasi sekaligus menyampaikan teknis Smart Sim kepada petugas pelayan Sim di ruang Satpas SIM Polres Pinrang, Minggu (21/9/2019).

“Kepada petugas pelayanan kami sampaikan bagaimana bentuk fisik, fungsi dan mekanisme yang ada dalam Smart Sim,” kata Rusdy saat diminta dikonfirmasi via WhatsApp, Minggu (21/9/2019) sore.

Rusdy menambahkan, beberapa keunggulan yang ada pada Smart Sim antara lain selain menjadi data forensik kepolisian, juga sebagai traffic attitude record dan juga dapat digunakan sebagai uang elektronik.

“Ada beberapa keunggulan di dalamnya (Smart Sim).Tentunya bisa membantu masyarakat seperti bisa digunakan sebagai uang elektronik,” jelas Rusdy.

IMG_20190921_174536

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Pinrang Akp Religia Faradikta mengungkapkan, penerapan smart Sim dan registrasi online akan dilaunching pada tanggal 22 September 2019 di Korlantas Polri.

Setelah dilaunching kata Fara, penerapan Smart Sim dan Registrasi Sim online dapat dilaksanakan di seluruh Satpas se Indonesia. Selain itu, tidak ada lagi petugas di Satpas jajaran yang tidak mengetahui Standar Operasional Prosedur (SOP), proses dan mekanisme Smart Sim dan registrasi Sim online.

“Ini sesuai hasil rapat koordinasi sosialisasi Smart Sim dan Registrasi Sim On line yang dipimpin langsung Kasubid Sim mewakili bapak Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Polisi Halim Pagarra di Jakarta,” kata Kasat Lantas Polres Pinrang, Akp Relegia Faradikta kepada Liputan8.Com, Sabtu (21/9/2019) sesaat lalu.

Selain itu, data yang tersimpan juga bisa diakses melalui aplikasi dan website Korlantas Polri, dapat melakukan pendaftaran secara online dan memilih Satpas yang dituju di seluruh Indonesia.

Dapat digunakan sebagai alat pembayaran elektronik dan dapat dibaca melalui smart phone/android,” ini beberapa keunggulan dari Smart Sim, inovasi berbasis elektronik terus digenjot untuk mengedapankan pelayan kepada masyarakat,” jelas mantan Kasat Lantas Polres Gowa, Akp Relegia Faradikta.

 
Penulis : Tejho
Editor    : Rafa