Lurah Laikang Mediasi Warga dengan Pemilik Tanah Kavling

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Untuk kenayamanan dan ketertiban umum, pemerintah kelurahan Laikang kecamatan Biringkanaya, Makassar, melakukan mediasi antara warga RT 4 RW 2 Laikang dengan pemiliki tanah kavling yang berada di kelurahan Sudiang Raya.

Mediasi yang dilakukan di kantor lurah Laikang, Selasa (17/9/2019) sore, dihadiri Polsek Biringkanaya diwakili oleh Kanit Binmas, Babinsa, ketua RT RW, pemilik kavling dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Lurah Laikang Siti Fatimah, SE yang memimpin mediasi tersebut mengatakan, pihaknya sebagai kepala wilayah hanya sebagai penengah. Untuk mencarikan solusi antara warga RT 4 RW 2 Laikang dengan pemilik tanah kavling.

Warga keberatan karena lokasi tanah kavling tersebut berada di kelurahan Sudiang Raya. Namun truk pengangkut material timbunan setiap hari melintas di lingkungan RT 4 RW 2 Laikang. Yang dinilai penyebab rusaknya jalan lingkungan di RT 4.

“Kami sudah mediasi, yang hadir perwakilan warga, dan pemilik tanah kavling. Wargaku keberatan karena truk timbunan untuk tanah kavling yang berada di Sudiang Raya itu merusak jalan,” kata Lurah Laikang Fatimah usai memediasi kedua bela pihak, Selasa kemarin.

Dikatakan Fatimah, terkait persoalan ini, sebelumnya sudah dilakukan pertemuan di rumah Ketua RT 4 beberapa waktu lalu. Kemudian kami tindak lanjuti dengan melakukan mediasi antara kedua belah pihak di kantor lurah.

“Kita sudah mediasi, untuk mencarikan solusi supaya semua aman dan tidak ada dirugikan. Meski pemilik kavling mengantongi surat izin jalan yang diketahui Lurah Sudiang Raya. Tapi warga kami minta tanggungjawab pemilik kavling, agar jalanan yang dilalui material timbunan diperbaiki,” pungkasnya. (man)