Operasi Patuh 2019, Polres Bone Tilang 1.358 Pelanggar, Pelanggar Safety Belt Paling Banyak

LIPUTAN8.COM, Bone – Operasi Patuh 2019 yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019 telah berakhir. Khusus di jajaran hukum Polres Bone, pelanggaran untuk roda empat didominasi pelanggaran penggunaan safety belt.

“Untuk roda empat pelanggar didominasi pelanggaran karena tidak menggunakan safety belt saat berkendara. Jumlahnya mencapai 305 pelanggar,” kata Kasat Lantas Polres Bone, Akp Muhammad Tamrin, Kamis 12 September 2019.

Sementara untuk kendaraan roda dua kata Tamrin, jumlah pelanggaran tidak menggunakan helem Standar Standar Nasional (SNI) mencapai 68 pelanggar, pelanggaran menggunakan handphone saat berkendara sebanyak 3 pelanggar.

Untuk pelanggar di bawah umur sebanyak 6 orang dan 760 pelanggaran lainnya meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelengkapan fisik kendaraan.

Lanjut Tamrin, untuk jumlah tilang sampai selesai pelaksanaan Operasi Patuh 2019 mencapai 1358 tilang. Untuk teguran sebanyak 203 pelanggaran.

“Untuk jumlah keseluruhan mencapai 1561 pelanggaran selama pelaksanaan Operasi Patuh 2019,” jelas Tamrin.

Sementara kendaraan yang terlibat Laka Lantas untuk roda dua jumlah empat kendaraan, mobil penumpang ada tiga dan untuk mobil barang jumlah satu unit.

Lebih jauh Tamrin menjelaskan, untuk barang bukti yang disita masing-masing 123 lembar Surat Izin Mengemudi (SIM), 1.208 lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (Stnk). Untuk kendaraan yang disita sebanyak 27 kendaraan.

“Secara keseluruhan untuk barang bukti yang disita sebanyak 1.358,” jelas Tamrin.

Kepada masyarakat, Kasat Lantas Polres Bone itu menghimbau, agar kendaraan yang digunakan terlebih dahulu dicek kelengkapan surat-suratnya dan masyarakat setiap saat mengedepankan disiplin dalam berlalu lintas demi keselamatan di jalan.

“Agar mengendepankan disiplin saat berkendara dengan menaati rambu-rambu lalu lintas yang ada agar keselamatan tetap terjaga, karena itu yang paling utama,” Akp Tamrin memungkasi.

 

 
Penulis : Tejho
Editor    : Rafa