Lantik Pengurus FPK, Iqbal Suhaeb Harap Jadi Pembawa Pesan Damai

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM – Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb melantik dan mengambil sumpah pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Periode 2019 – 2020 di ruang Sipakatau Kantor Wali Kota Makassar, Kamis (12/9/2019).

Pembentukan FKP berdasarkan Permendagri No 34 Tahun 2006, dilaksanakan dalam rangka menjaga kerukunan antar warga dari berbagai etnis di kota Makassar.

Ketua FPK yang baru dilantik Jayadi Nas mengatakan FPK lahir dari berbagai kumpulan perbedaan suku, agama dan organisasi kedaerahan di Makassar.

“Dalam praktiknya hampir semua suku dan agama yang ada di Makassar berbaur dalam FPK yang menjadi simbol kebersamaan tanpa melihat mayoritas dan minoritas, tidak ada putera daerah semuanya satu simbol yakni satu Makassar,” ujarnya.

Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb mengatakan FPK merupakan forum yang sangat dibutuhkan di tengah heterogenitas suku dan ras dalam berbagai hal.

“Sejak jaman dulu kota Makassar menjadi kota transit yang ramai dikunjungi pendatang dari barat ke timur, begitupun juga sebaliknya. Mereka datang dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia, sehingga Makassar dibangun dari perbedaan suku, ras dan lainnya. Inilah yang menguatkan kita, bersatu dalam perbedaan,” ungkap Iqbal.

Iqbal berharap forum ini dapat menjadi pioner dalam menciptakan keselarasan dan harmonisasi di tengah keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dari Makassar perdamaian itu kita bangun. Makassar menjadi satu dalam keanekaragaman,” terangnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah pengurus FPK Periode 2019 – 2022 disaksikan Camat Ujung Tanah Andi Unru, Asisten I Pemkot Makassar M Sabri serta Kepala Badan Kesbangpol Makasar Ahmad Namsum. (Yat)