Quick Respon, Satgas Biringkanaya Atasi Sampah Menggunung di Pasar Daya

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Sesaat setelah adanya keluhan pedagang, soal  sampah yang menumpuk di pasar Daya, langsung direspon pihak kecamatan Biringkanaya.

Sejumlah personil satgas kebersihan kecamatan Biringkanaya berikut dengan aramadanya (Mobil Amrol) diturunkan mengangkut sampah yang menggunung di PND.

Pengawas Kebersihan Kecamatan Biringkanaya, Adam, mengatakan, sampah yang menumpuk sudah kami atasi. “Saya sekarang di lokasi, kami sementara mengatasi sampah dua kontainer di pasar Daya. Amanmi pak, semua sudah beres,” kata Adam kepada liputan8.com, sesaat lalu.

“Sesuai perintah Pak Camat, kami langsung turun atasi sampah pasar Daya. Memang terlambat diangkut, karena mobil yang sering mengambil sampah di pasar Daya itu rusak berat, sementara diperbaiki di PU,” turur Adam.

“Di pasar Daya, ada dua kontainer sampah. Yang satu kontainer rutinji diambil. Hanya yang satu kontainer terlambat. Iya karena itu tadi, mobil Amrol yang sering masuk ke pasar, rusak berat,” kata Adam lagi.

Sebenarnya, Kepala Unit Pasar Daya selaku penanggungjawab kebersihan di pasar Daya, tidak pernah peduli dengan kondisi pasar-nya. Mereka tidak memperhatikan petugas sampah di lapangan.

“Sekke mentong itu Kepala Pasar Daya. Tidak mengerti tong sama anggota di lapangan, biar air putih gelas tidak pernah na kasi anggotaku. Dulu waktu Pak Jabbar kepala pasar sebelumnya, bajiki tawwa (Bagus), setiap Jumat ada pembeli-pembeli rokoknya anggotaku,” ujarnya.

Sementara petugas sampah, Katom, menuturkan, pengelola Pasar Daya tidak ada sema sekali perhatiannya. “Pacce sekali kepala pasar ka, tena tong pengertiannya. Aslina sekke, manna Kaluru tena tong,” tutur Katom.

“Yang bagus itu KIK, orangnya KIK tawwa mengertiji. Ada ji na kasiki pembeli rokokna’. Kalau Pak Jabbar dulu paling baji, tena ruanna,” ucap Katom.  (min)