Babak Baru Bantuan CSR, Penyidik Tipikor Polda Sulsel Periksa Kadis Pertanian Takalar

LIPUTAN8.COM, Makassar – Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulsel melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Takalar, Muhammad Hasby.

Pemeriksaan Kadis Pertanian Kabupaten Takalar dibenarkan oleh Kasubdit III Tindak Pidana Korupsi Polda Sulsel, Kompol Yudha Wiradjati.

“Benar, saat ini masih lidik,” singkat Kompol Yudha Wiradjati saat dimintai konfirmasi, Jumat 6 September 2019.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan, pemeriksaan Kadis Pertanian Kabupaten Takalar adalah sebagai saksi terkait bantuan Corporate Sosial Responsibilities (CSR) dari Bank Sulselbar senilai Rp. 340 juta.

“Diperok sebagai saksi, terkait bantuan CSR yang bersumber dari Bank Sulselbar. Yang bersangkutan diperiksa siang tadi,” kata Kombes Pol Dicky Sondani, Jumat 9 September 2019.

Perwira tiga bunga melati itu menjelaskan, bantuan senilai ratusan juta rupiah itu diberikan kepada lembaga swadaya di Kabupaten Takalar untuk pembelian sapi yang rencananya akan diserahkan kepada masyarakat.

“Bantuan tersebut untuk pembelian sapi yang kemudian akan diserahkan ke masyarakat,” jelas Dicky Sondani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Takalar, Muhammad Hasby yang coba dikonfirmasi terkait pemeriksaannya belum memberikan keterangan, meski pesan konfirmasi yang dilayangkan kepadanya tampak dibaca.

Untuk diketahui, kasus bantuan dana dari Corporate Social Responsibility yang bersumber dari Bank Sulselbar beberapa waktu lalu menjadi perbincangan hangat masyarakat Butta Panrannuanta. Bahkan kasus tersebut telah dilaporkan secara resmi di Polres Takalar.

Laporan Poliis tersebut dilayangkan oleh salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Takalar terkait dugaan penggelapan bantuan CSR puluhan ekor sapi yang diperuntukkan untuk kelompok ternak.

“Benar ada LP, yang melapor adalah salah satu oLSM di Kabupaten Takalar,” kata Kasat Reskrim Polres Takalar, Akp Warpa, Selasa 11 Juni 2019 lalu.

Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Lembaga Bangun Desa Sulawesi (Lambusi), Nixon Sadli Karma mengatakan, terkait dengan bantuan CSR tahun anggaran 2017 yang dibelanjakan pada tahun 2018 itu sudah dilaporkan ke Polres Takalar pada tahun 2018.

“Yang jelas pihak Polres Takalar sampai detik ini tidak pernah menyampaikan perkembangan kasus tersebut kepada kami sebagai pelapor,” kata Nixon Sadli Selasa 21 Mei 2019 lalu.

Lebih jauh Nixon menjelaskan, ada beberapa bukti yang dimilikinya salah satunya adalah adalah tanda serah terima sapi dari pihak kelompok peternak. Pembagiannya pun kata Nixon diduga tidak sesuai dengan petunjuk teknis.

 
Penulis : Tejho
Editor    : Rafa