Juru Bicara FRI-WP Disebut Ditahan di Ruang Isolasi

LIPUTAN8.COM, Jakarta – Juru bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) Surya Anta disebut ditahan di ruang isolasi yang terpisah dari tahanan lain. Dalam ruang itu diputar lagu-lagu kebangsaan sepanjang hari.

Kondisi penahanan Surya Anta tersebut diungkapkan oleh juru bicara Koalisi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi, Suarbudaya Rahadian.

“Dimasukkan di ruang isolasi. Dipisahkan dari yang lain. Hanya boleh keluar kalau ada penasihat hukum,” kata Suarbudaya dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis 5 September 2019.

Suarbudaya Rahadian, mengaku membesuk Surya Anta di rumah tahanan Mako Brimob kemarin.

Surya Anta ditahan di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, sejak Minggu 1 September 2019, kemarin. Setelah sehari sebelumnya ditangkap di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta.

Polda Metro Jaya kemudian menetapkan Surya bersama lima orang lain sebagai tersangka dalam pengibaran bendera Bintang Kejora saat unjuk rasa di Istana Merdeka.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Argo Yuwono mengatakan pihak kepolisian telah melakukan penyelidikan dan mengamankan kedelapan orang tersebut dari tempat berbeda.

“Ya, termasuk (Surya Anta),” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Minggu 1 September 2019.

Suarbudaya mengatakan Surya awalnya tak diperkenankan menerima tamu dari keluarga. Setelah bernegosiasi polisi akhirnya memberi kelonggaran kepada Surya Anta bertemu keluarganya.

Ruang tahanan Surya dalam sel isolasi disebut tak memiliki jendela. Sepanjang hari ruangan itu memutar lagu-lagu kebangsaan seperti ‘Hari Merdeka’ dan ‘Garuda Pancasila’.

 

 

 

Editor : Aura