DPC PDIP Makasaar Buka Pendaftaran Cawalkot 2020

DPC PDIP Makassar resmi membuka penjaringan calon kepala daerah pada Pilwalkot 2020.

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM – Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Kota Makassar resmi membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah pada pemilihan Wali Kota Makassar 2020 mendatang.

Proses penjaringan Bakal Calon Walikota maupun wakil walikota dibuka mulai tanggal 1 sampai 14 September 2019.

“Metode penjaring kami sifatnya menunggu. Karena waktu yang diberikan DPP ke kami itu sangat sempit,” kata Ketua DPC PDIP Makassar, Andi Suhada Sappaile, Kamis 5 September 2019.

Menurut Suhada, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini merupakan partai pelopor yang bergerak dan terukur dalam pengambilan kebijakan politik.

Olehnya itu, kekalahan usungan PDIP yang mengusung Appi-Cicu terhadap kemenangan kolom kosong pada Pilwalkot 2018 lalu. Membuat partai akan lebih berhati-hati dalam mengusung calon di Pilwalkot 2020 mendatang

“Saya anggap itu kecelakaan politik, jadi kita berharap partai harus membaca situasi itu dan lebih berhati-hati dalam memutuskan usungan partai di Pilkada tahun depan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan PDIP Makassar, Raisul Jais mengatakan, pendaftaran calon usungan PDIP tidak hanya dibuka di Kantor DPC PDIP Jalan Serigala Makassar, pendaftaran juga dibuka di DPD dan DPP.

“Boleh mendaftar di DPC, boleh juga langsung ke DPD atau ke DPP,” kata Raisul.

Ia menambahkan, mekanisme penjaringan dibuka sejak 1 sampai 14 September 2019. Setelah itu DPC mengirim nama ke DPD kemudian dilakukan seleksi melalui fit and proper test pada 15-19 September.

“Tanggal 20-22 DPD akan melakukan pleno sekaligus mengirim hasil fit and proper test ke DPP,” pungkasnya. (**)