Camat Tallo: Kerajinan Bambu Lakkang Perlu Terobosan

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Kerajinan bambu di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, perlu ada terobosan. Dapat dijadikan produk andalan masyarakat setempat, dapat dimasukkan di pasar kompetitif

Kerajinan bambu ini memiliki nilai jual dan menjadi ekonomi desa setempat. Camat Tallo, Andi Zainal A Takko, SE, bersama Ketua TP PKK Kecamatan Tallo, Habriah Wahab mengakui kerajinan bambu di Kelurahan Tallo, memiliki potensi apik karena jenis produknya berkembang.

Kerajinan bambu sudah mengarah suvenir. Misalnya, tempat tisu dan lampu dan suvenir lainnya, sudah waktunya Kelurahan Lakkang punya produk ikonik. Semoga saja kerajinan bambu ini bisa, masuk kepasaran,” ucap Andi Zainal A Takko, SE, saat diminta menjadi juri pada lomba kerajinan dari bambu, dimalam pesta rakyat Kelurahan Lakkang, Sabtu (31/8/2019) malam.

Menurut Zainal A Takko, SE, perlu penguatan kelompok hingga akses pasar agar kerajinan khas ini semakin berkembang. “Penganekaragaman produk kerajinan ini juga menjadi penting,” jelasnya.

Dia berharap perlu ada standardisasi kualitas. Serta, peningkatan kompetensi perajin. “Modal dan kemitraan itu pasti,” ujarnya. “Dari berpikir individual ke cara berpikir kelompok,” lanjut dia. (rilis)