Di Kecamatan Tamalate, Pj Walikota Makassar Disambut Adat Angngaru’

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Penjabat (Pj) Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama istri, Murni Djamaluddin Iqbal menghadiri malam ramah tamah dan pesta rakyat HUT RI Ke-74 tingkat Kecamatan Tamalate, yang dipusatkan di kelurahan Maccini Sombala, Rabu (21/8/2019) malam.

Kehadiran orang nomor satu di Makassar itu bersama istri dan rombongan, disambut adat Makassar, Angngaru’.

Saat tiba di tempat acara, seorang warga yang mengenakan pakaian adat Makassar, langsung “Menghadang” Walikota dengan badik (Angngaru’). Sambil mengunuskan badik, dia sembari mengucapkan beberapa kalimat penyambutan “Raja” dengan dialog Makassar.

Spontan, Pj Walikota berhenti dan terkejut, menyaksikan penyambutan yang begitu terkesan laiknya seorang raja.

“Luar biasa penyambutannya. Saya ini seperti raja disambut dengan adat yang begitu menggetarkan, saya salut. Terima kasih atas penyambutannya,” ucap Iqbal Suhaeb.

FB_IMG_1570659070319

Kehadiran Pj Walikota Makassar bersama rombongan, disambut hangat Camat Tamalate H Hasan Sulaiman dan Ketua TP PKK Kecamatan Tamalate. Hadir pula Lurah se kecamatan Tamalate, kader PKK, LPM dan sejumlah elemen masyarakat Tamalate.

“Malam ini, kami sangat berbahagia sekali. Ditengah kesibukannya, bapak Walikota bersama Ketua PKK Kota Makassar bisa hadir pada acara malam ramah tamah HUT RI tingkat Kecamatan Tamalate. Terima kasih atas kehadirannya, tentu ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami terkhusus masyarakat Tamalate,” ucap Camat Hasan Sulaiman.

Dijelaskan Camat, penyambutan adat Makasssar, Angngaru’ adalah sebuah tradisi adat Makassar, dimana adat tersebut hanya dilakukan khusus sebagai penghormatan kepada pemimpin atau raja-raja sejak dahulu kala.

“Angngaru’ itu dilakukan khusus untuk penyambutan raja-raja, termauk Bapak Walikota yang merupakan pemimpin kita di Kota Makassar,” ujarnya.  (man)