Di Lokasi Bentrok, Gubernur Sulsel : Kita Jamin Keamanan Masyarakat dan Mahasiswa Papua

LIPUTAN8.COM, Makassar – Pasca bentrokan antara mahasiswa Papua dan warga yang terjadi di depan Asrama Papua, Jalan Lanto Dg.Pasewang, Kota Makassar, Senin (19/8/2019) malam, Gubernur Sulawesi Selatan langsung mendatangi asrama mahasiswa Papua.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di lokasi kejadian mengungkapkan, pihaknya bersama pihak keamanan telah membeirkan pemahaman kepada seluruh warga Papua bahwa pemerintah dan pihak keamanan akan menjamin keamanan mereka.

“Tentunya kita sesalkan kejadian ini. Insya Allah, pemerintah dan pihak keamanan akan jamin keamanan sekarang dan seterusnya,” kata Nurdin Abdullah sesaat setelah menemui mahasiswa dan masyarakat Papua, di Asrama Papua Makassar.

Ia menjelaskan, bahwa peristiwa tersebut disebabkan hanya karena persoalan sepeleh. Kami telah sampaikan untuk tetap tenang dan jangan panik, serta jangan mudah terprovokasi.

“Inikan sebenarnya hal sepeleh. Jadi ada salah satu warga kita, masuk ke asrama Papua dan menyampaikan tidak usah ragu bahwa Sulsel itu masyarakatnya santun, keamananmu akan terjaga. Akan tetapi diusir, sehingga tersinggung,” jelas Nurdin Abdullah.

Nurdin Abdullah juga menyampaikan, untuk mahasiswa Papua, akan tetap berada di dalam Asrama. Ia juga telah meminta kepada mahasiswa Papua agar bisa memberikan data dimana-mana saja warga Papua yang tinggal di Makassar.

“Tentunya hal itu agar kita (Pemerintah) akan membeirkan keamanan. Mereka mahasiswa Papua disini cuma mau belajar dan sekolah. Asrama Papua juga akan dijaga oleh Polisi dan Tentara. Tidak ada yang dievakuasi, tidak ada apa-apa,” jelas Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

 

 
Penulis : Tejho
Editor    : Andi Afdal